3 Kali Jadi Lawan, Kini Khofifah Puji Gus Ipul Top Mentor

LANTIK KEPALA DAERAH: Khofifah melantik 17 kepala daerah Jatim di Gedung Negara Grahadi. | Foto: Barometerjatim/ABDILLAH HR
LANTIK KEPALA DAERAH: Khofifah melantik 17 kepala daerah Jatim di Gedung Negara Grahadi. | Foto: Barometerjatim/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ada suasana berbeda saat pelantikan kepala daerah Jatim sesi kedua di Gedung Negara Grahadi, Jumat (26/2/2021). Ini karena Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa berulang kali menyebut nama Wali Kota Pasuruan yang baru dilantik, Saifullah Yusuf alias Gus Ipul.

Puncaknya, Khofifah menyebut Gus Ipul merupakan top mentor bagi bupati dan wali kota di Jatim. Alasannya, pengalaman dan perjuangan Gus Ipul sangat banyak, terutama urusan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

“Jadi kalau cari mentor, bapak bupati dan wali kota tidak susah-susah. Salah satu yang baru saja dilantik ini adalah top mentor untuk bupati dan wali kota,” kata Khofifah.

Gubernur juga menyebut jika perjuangan Gus Ipul jauh lebih banyak darinya, hal itu sesuai dengan jumlah tanda kehormatannya.

“Untuk penguatan UMKM, sesungguhnya yang lebih detil adalah Gus Ipul. Lihat saja, ininya (tanda kehormatan) lebih banyak dari saya. Itu artinya perjuangannya lebih banyak,” kata Khofifah sambil memegang tanda kehormatan yang menempel di dadanya.

Pujian Khofifah tentang Gus Ipul itupun menjadi perhatian hadirin. Sebab, semua tahu kalau keduanya pernah tiga kali menjadi lawan di Pilgub Jatim.

Di Pilgub Jatim 2008, Gus Ipul yang mendampingi Soekarwo mengalahkan Khofifah-Mudjiono. Lima tahun kemudian, Khofifah yang ganti pasangan dengan Herman Suryadi Sumawireja mencoba merebut kemenangan di Pilgub Jatim 2013 dari Soekarwo-Gus Ipul namun gagal.

Baru di Pilgub Jatim 2018, Khofifah yang kembali ganti pasangan dengan Emil Elestianto Dardak, berhasil mengalahkan Gus Ipul. Itupun setelah Soekarwo tak maju lagi, dan Gus Ipul nyagub berpasangan dengan Puti Guntur Soekarno.

Usai pelantikan, saat ditanya soal pujian Khofifah, Gus Ipul menyatakan siap menjadi anak buah gubernur. Dia juga menegaskan, sebenarnya Khofifah mendorong kepada kepala daerah soal pentingnya UMKM di era pandemi.

Selain itu, pihaknya juga fokus pada penanganan masalah Covid-19 dan khususnya bidang kesehatan bisa berjalan dengan baik.

“Tetapi kita tahu tadi ada arahan khusus yang menarik yang harus ditindaklanjuti di tingkat daerah seperti disampaikan oleh ibu gubernur bagaimana kita cinta produk indonesia, cinta wisata Indonesia. Dua hal ini penting untuk menggerakkan ekonomi kita,” paparnya.

Hari ini, Khofifah melantik 17 kepala daerah terpilih hasil Pilkada serentak 2020 di 19 kabupaten/kota di Jatim. Sedangkan dua daerah lainnya, Pacitan dan Tuban belum dilantik karena jabatan kepala daerahnya belum habis.

Pelantikan dibagi dalam tiga sesi (pagi, siang, dan sore) karena situasi pandemi Covid-19 acara. Pelantikan juga digelar secara terbatas, hanya dihadiri kepala dan wakil kepala daerah.

17 PASANGAN KEPALA DAERAH YANG DILANTIK

  1. Bupati dan Wakil Bupati Jember: Hendy Siswanto-M Balya Firjaun Barlaman
  2. Bupati dan Wakil Bupati Gresik: Fandi Akhmad Yani-Aminatun Habibah
  3. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya: Eri Cahyadi-Armudji
  4. Bupati dan Wakil Bupati Ponorogo: Sugiri Sancoko-Lisdyarita
  5. Bupati dan Wakil Bupati Malang: Sanusi-Didik Gatot Subroto
  6. Bupati dan Wakil Bupati Sidoarjo: Ahmad Muhdlor Ali-Subandi
  7. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pasuruan: Saifullah Yusuf-Adi Wibowo
  8. Wali Kota dan Wakil Wali Kota Blitar: Santoso-Tjutjuk Sunario
  9. Bupati dan Wakil Bupati Trenggalek: Moch Nur Arifin-Syah M Natanegara
  10. Bupati dan Wakil Bupati Ngawi: Ony Anwar-Dwi Riyanto Jatmiko
  11. Bupati dan Wakil Bupati Sumenep: Ahmad Fauzi-Dewi Khalifah
  12. Bupati dan Wakil Bupati Blitar: Rini Syarifah-Rahmad Santos
  13. Bupati dan Wakil Bupati Situbondo: Karna Suswandi-Khoirani
  14. Bupati dan Wakil Bupati Kediri: Hanindhito Himawan Pramana-Dewi Mariya Ulfa
  15. Bupati dan Wakil Bupati Mojokerto: Ikfina Fahmawati-Muhammad Albarraa
  16. Bupati dan Wakil Bupati Lamongan: Yuhronur Effendi-KH Abdul Rouf
  17. Bupati dan Wakil Bupati Banyuwangi: Ipuk Fiestiandani Azwar Anas-Sugirah

» Baca Berita Terkait Khofifah