3 Jam Gus Hans ‘Ngopi Politik’ Bareng Petinggi Nasdem

SILATURAHIM: Gus Hans (berkopiah) bertemu elite Nasdem Jatim, di antaranya terkait Pilwali Surabaya 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SILATURAHIM: Gus Hans (berkopiah) bertemu elite Nasdem Jatim terkait Pilwali Surabaya 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Zahrul Azhar As’ad kian gencar check sound untuk maju di Pilwali Surabaya 2020. Selain menyasar hampir semua komunitas di Kota Pahlawan, tokoh muda yang akrab disapa Gus Hans itu mulai terbuka silaturahim ke sejumlah Parpol.

Selasa (13/8/2019) malam misalnya, selama tiga jam — mulai pukul 21.15 hingga 23.45 WIB — Gus Hans bersilaturahim dengan sejumlah petinggi DPW Partai Nasdem Jatim di kantor Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu), Jalan Arjuno Surabaya.

Kehadiran Gus Hans diterima langsung oleh Ketua DPW Partai Nasdem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi alias Jeannette. Hadir pula dalam pertemuan itu Ipong Muchlissoni (ketua Bappilu Nasdem Jatim) dan Effendy Choirie alias Gus Choi (ketua DPP/Bappilu Nasdem pusat).

Apakah Gus Hans sudah memulai road show politik, untuk mencari koalisi ‘kendaraan’ yang akan mengusungnya di Pilwali Surabaya 2020?

“Bukan road show politik lah, ngopi-ngopi dengan sahabat. Pertemuan berlangsung dengan gayeng, yang semula saya perkirakan setengah jam, ternyata berlangsung sekitar tiga jam,” katanya pada Barometerjatim.com.

“Saya berterima kasih atas waktu yang diberikan pimpinan Nasdem, karena bukan main-main yang menerima saya, langsung tokoh-tokoh sentral,” tandas ‘kiai milenial’ yang ketua Gerakan Peduli Anti Narkotika (GPAN) Jatim tersebut.

Gus Hans menambahkan, silaturahim yang dilakukannya dalam rangka membangun komunikasi politik dengan semua pihak. “Ya untuk menyamakan pikiran, dan dari pertemuan semalam terlihat banyak sekali kesamaan cara pandang,” katanya.

Adakah pembicaraan khusus terkait Pilwali Surabaya 2020? “Mau tidak mau seperti itu. Tapi saya menghormati mekanisme partai yang ada di Nasdem. Biarkan semuanya berposes,” kata salah satu wakil ketua DPD Partai Golkar Jatim itu.

“Tapi yang jelas semalam adalah komunikasi yang baik, yang memberikan nuansa, nilai dan keputusan yang akan diambil Nasdem. Insyaallah sih kesamaan cara pandang ini bisa menjadi salah satu pertimbangan,” paparnya.

Nasdem Beri Apresiasi

Sementara Gus Choi menuturkan, langkah Gus Hans melakukan silaturahim ke Parpol cukup bagus. “Kita memberi apresiasi, support dan apalagi kalau dia punya niat jadi wali kota. Check sound itu kan bagus,” katanya.

Niat maju wali kota, kata Gus Choi, juga diutarakan Gus Hans dalam pertemuan semalam. “Sudah, sudah. Jadi mengutarakannya begini, dia coba dulu silaturahim, pertemanan, nanti sejauh mana respons masyarakat,” katanya.

Kalau respons masyarakat positif, kemudian ada dukungan dari Parpol lain bukan hanya dari Partai Golkar, kata Gus Choi, maka bisa lanjut untuk running di Pilwali Surabaya 2020.

“Jadi masih sangat terbuka. Kalau perannya cukup, respons masyarakat ada, ya akan lanjut. Saya kira bagus, sehingga pertarungan (di Pilwali) Surabaya juga makin bagus,” tegas Gus Choi.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, Gus Hans