10 Orang Positif, Lamongan Masuk Daerah Terjangkit Corona

LAMONGAN ZONA MERAH: Lamongan masuk wilayah terjangkit, 10 orang langsung positif Corona. | Foto: IST
LAMONGAN ZONA MERAH: Lamongan masuk wilayah terjangkit, 10 orang langsung positif Corona. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sebaran virus Corona (Covid-19) di Jatim kian menggurita. Dari update yang disampaikan Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parwansa, Jumat (3/4/2020) pasien positif bertambah 49 orang.

Dengan demikian, total pasien positif Corona di Jatim per hari ini menjadi 152 dari sehari sebelumnya 103 orang. “Dari 49 cukup banyak tambahan di Surabaya, ada 33,” kata Khofifah di Gedung Negara Grahadi, Surabaya.

“Kemudian untuk tambahan di Lamongan ada 10 orang, dan tambahan di Gresik serta Kabupaten Kediri,” sambung gubernur yang mantan menteri sosial itu.

Dari sepuluh orang positif Corona di Lamongan, lanjut Khofifah, delapan di antaranya hasil tracing petugas haji yang sedang mengikuti Diklat beberapa waktu lalu.

Lamongan hari ini sudah masuk daerah terjangkit, dan langsung 10 orang yang terkonfirmasi Covid-19,” tandas Khofifah.

Sepuluh terkonfirmasi positif tersebut tersebar di Kecamatan Lamongan (1 orang), Deket (1), Kedungpring (1), Paciran (1), Karanggeneng (1), Turi (2), Sukodadi (1), Solokuro (1) dan Maduran (1).

Tak hanya pasien positif, jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di Jatim juga bertambah menjadi 717 orang. Begitu pula dengan jumlah Orang Dalam Pemantauan (ODP) menjadi 9.435.

Kabar baiknya, enam orang terkonversi negatif atau sembuh. “Dari enam orang yang sembuh, tiga dari Magetan dan tiga dari Surabaya,” ucap Khofifah.

Karena itu, pinta Khofifah, kewaspadaan, kehati-hatian, kesiapsiagaan, terutama yang ada di Surabaya, harus lebih ditingkatkan lagi karena hari ini kenaikannya sangat signifikan, 33 orang positif.

“Ini artinya apa yang sudah jadi anjuran pemerintah, pertama, tinggal di rumah dan hanya keluar rumah untuk sesuatu yang urgen,” katanya.

Hal urgen yang dimaksud Khofifah, yakni yang berkaitan dengan logistik, kesehatan, serta perekonomian dan perdagangan.

Dia juga meminta masyarakat tetap menerapkan physical distancing, cuci tangan dengan sabun, serta berjemur pukul 09.00-10.00 WIB supaya ada imunitas tubuh dari vitamin D lawat sinar matahari.

» Baca Berita Terkait Pandemi Corona