Yakin Lolos PT, PBB Jatim: Gerakan Kita Tak Terbaca Survei!

Mohammad Masduki (dua dari kiri), yakin PBB lolos PT dan target kursi terpenuhi. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Mohammad Masduki (dua dari kiri), yakin PBB lolos PT dan target kursi terpenuhi. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Bulan Bintang (PBB) termasuk salah satu Parpol peserta Pemilu 2019, yang disebut sejumlah lembaga survei tak lolos parliamentary threshold (PT) empat persen.

Namun Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PBB Jatim, Mohammad Masduki tidak sependapat, karena lembaga survei dinilai hanya membaca sedikit dari gerakan Parpol yang diketuai Yusril Ihza Mahendra tersebut.

“Saya kira lembaga survei tak menjangkau seluruh kinerja partai. Seperti stikerisasi (Yusril buka hotline untuk korban penzaliman) dan (program menggandeng) TKI,” kata Masduki usai mengakhiri masa kampanye PBB Jatim di Surabaya, Sabtu (13/4/2019) malam.

Kalaupun sekarang PBB disebut sejumlah lembaga survei baru mengantongi elektabilitas sekitar 1,7 persen, kata Masduki, biasanya angka survei akan bertambah tiga kali lipat dengan angka riil.

“Angka riilnya nanti bisa tiga kali lipat dari yang dirilis. Apalagi banyak gerakan kita yang tak terbaca. Mudah-mudahan kalau ada survei dalam tiga hari ini gerakan kita sudah terbaca, dan insyaallah akan naik,” katanya.

Optimis Target Terpenuhi

Bagaimana dengan survei internal PBB? Menurut Maduki, angkanya malah lebih riil karena bukan survei lagi, tapi hasil dari laporan para Caleg yang bertarung di 14 Daerah Pemilihan (Dapil) yang ada.

“Ada tujuh Dapil malah yang perolehan suaranya antara 175-250 ribu per Dapil. Itu (laporan) dari Caleg beberapa Dapil yang kita kumpulkan. Jadi bukan survei lagi,” tandasnya.

Karena itu, Masduki yakin PBB akan lolos PT dan target kursi untuk DPRD Jatim (12) maupun DPR RI dari Jatim (7) terpenuhi. “Target nasional (kursi DPR RI) 48, 7 di antaranya dari Jatim,” katanya.

Masduki menambahkan, sejak kepemimpinan PBB diambil kembali oleh Yusril, gerakan maupun target partai menjadi lebih jelas, berbeda dengan kepemimpinan sebelum-sebelumnya.

“Kita juga mendorong Caleg di semua Dapil agar di masa tenang ini jangan sampai tidur tenang,” ucapnya sambil tersenyum. •

» Baca Berita Terkait PBB, Pemilu 2019