Warga Risma Pendukung Khofifah Dilatih Galang Suara

BANGUN KEKUATAN: Ibu-ibu warga Kota Surabaya pendukung Khofifah membangun kekuatan dari Rumah Aspirasi, Surabaya, Kamis (22/3). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
BANGUN KEKUATAN: Ibu-ibu warga Kota Surabaya pendukung Khofifah membangun kekuatan dari Rumah Aspirasi, Surabaya, Kamis (22/3). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ibu-ibu warga Surabaya pendukung Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak berkumpul di Rumah Aspirasi, Jalan Diponegoro Surabaya, Kamis (22/3).

Sebagian warga Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini (Risma) yang hadir tersebut yakni jamaah Muslimat NU. Namun mereka tidak membawa atribut yang terkait dengan jamiyah.

“Kita datang sebagai pribadi, warga Surabaya. Kita juga punya koordinator di luar organisasi. Nanti para koordinator ini melakukan perekrutan baik yang Muslimat NU maupun yang non Muslimat NU,” terang Ainul Jamilah, sekretaris relawan ibu-ibu.

• Baca: 9 Merpati dan Semanggi Warnai Pembukaan Rumah Aspirasi

Ainul menambahkan, kehadiran mereka untuk mengikuti pelatikan kampanye simpatik, hingga menggalang dukungan door to door untuk memenangkan pasangan Khofifah-Emil di Kota Pahlawan.

Lewat pelatihan ini, Ainul berharap para relawan bisa bergerak lebih maksimal untuk melakukan sosialisasi. Selain itu, para koordinator bertanggung jawab melakukan pendataan jumlah pemilih Khofifah-Emil di masing-masing kelurahan se-Surabaya.

“Kami punya data, pemilihnya Ibu (Khofifah) itu berapa dan siapa saja. Itu nanti akan jelas,” tegasnya.

• Baca: ‘Ditekan’ PWNU, Muslimat NU Kian Solid Dukung Khofifah

Pelatihan kali ini menghadirkan mantan Ketua Bawaslu Jatim, Sufyanto. Dia memaparkan materi terkait cara kampanye yang baik dan benar serta batasannya.

“Misalnya, apa saja bentuk pelanggaran kampanye dan yang bisa dilakukan saat kampanye. Terus kalau menemukan pelanggaran dari pihak lain melapornya kemana, itu yang kami paparkan,” sambungnya.

Pelatihan dibagi menjadi dua zona. Zona pertama digelar hari ini yang diikuti relawan dari Surabaya selatan dan Barat. Sementara zona dua meliputi Surabaya pusat, timur dan utara digelar Jumat (23/3) besok.