9 Merpati dan Semanggi Warnai Pembukaan Rumah Aspirasi

RUMAH ASPIRASI: Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan tim pemenangan melepas sembilan burung merpati saat membuka Rumah Aspirasi, Rabu (14/2). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
RUMAH ASPIRASI: Cagub Jatim, Khofifah Indar Parawansa dan tim pemenangan melepas sembilan burung merpati saat membuka Rumah Aspirasi, Rabu (14/2). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sembilan burung merpati dilepas ke udara, menandai pembukaan Rumah Aspirasi Khofifah pasangan Cagub-Cawagub Jatim, Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Jalan Diponegoro 9, Surabaya, Rabu (15/2) sore.

Merpati disimbolkan kesetiaan karena tak pernah ingkar janji. Angka sembilan merujuk Nawa Bhakti Satya, program unggulan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim 2018. Bisa pula bermakna jumlah bintang yang mengelilingi bumi dalam logo Nahdlatul Ulama (NU).

Sebagai ketua PP Muslimat NU, akar perjuangan Khofifah adalah NU dan serta diharapkan mampu mengentas kemiskinan warga Jatim, terutama di perdesaan.

• Baca: Sejarah Pilgub Jatim 2008 Terulang, Khofifah Nomor Urut 1

Semua simbol itu mengerucut ke dalam satu makna: Khofifah-Emil akan menepati semua janji kampanye yang tertuang dalam sembilan program unggulan, Nawa Bhakti Satya, jika terpilih sebagai Cawgub-Cawagub Jatim.

Usai melepas sembilan ekor merpati, Khofifah disuguhi semanggi, makanan khas Surabaya. Sebelum menikmati ‘makanan rakyat’ tersebut, mantan Menteri Sosial itu mendadak duduk dan melayani warga yang hadir layaknya penjual semanggi.

“Ini simbol bagi Ibu Khofifah saat terpilih menjadi gubernur nanti yang akan melayani, bukan dilayani masyarakat,” kata Renville Antonio, sekretaris tim pemenangan.

• Baca: Khofifah Rajut Sejarah Gubernur Perempuan Pertama di Jatim

“Selain itu, semanggi merupakan makanan khas yang sangat digemari masyarakat bawah. Hal ini membuktikan kalau Bu Khofifah adalah calon pemimpin yang merakyat dan diterima seluruh lapisan masyarakat.”

Di Rumah Aspirasi ini, Khofifah dan tim pemenangannya akan menampung segala unek-unek dan masukan warga Jatim. Ketua Tim Pemenangan Khofifah-Emil, KH M Roziqi bahkan meminta masyarakat agar rajin hadir untuk menyampaikan aspirasinya.

“Rumah Aspirasi ini terbuka bagi warga Jawa Timur. Mudah-mudahan Ibu Khofifah menang dan dilantik,” tandasnya.