Tunjang Iklim Industri, Emil Siapkan Dua ‘Jurus’ untuk Buruh

DIDOLAKAN BURUH: Cawagub Emil Dardak mendapat sambutan hangat buruh PT Global Way Indonesia, Sidoarjo, Jumat (25/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DIDOLAKAN BURUH: Cawagub Emil Dardak mendapat sambutan hangat buruh PT Global Way Indonesia, Sidoarjo, Jumat (25/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Tak hanya buruh migran, Cawagub Jatim nomor urut satu, Emil Elestianto Dardak juga memiliki komitmen kuat untuk meningkatkan SDM serta kesejahteraan buruh di Jawa Timur. Dua ‘jurus’ ini diharapkan mampu menjaga iklim industri.

“Ini sangat penting, selain mensinergikan aspirasi dari perusahaan juga agar sinkron dengan kebijakan pemerintah provinsi dalam menunjang iklim industri di Jatim,” tutur Emil saat menyapa buruh di PT Global Way Indonesia, Jalan Ahmad Yani, Gedangan, Sidoarjo, Jumat (25/5).

Karena itu, Emil akan menyiapkan kerjasama dengan kalangan industri untuk memetakan skill apa yang dibutuhkan industri Jatim di masa depan. Upaya ini sekaligus bagian dari penyiapan tenaga kerja terampil dan kompeten.

• Baca: Pedagang Pasar Tembok: Emil Pemimpin Peduli Wong Cilik

“Di luar jam kerja, nantinya pemerintah akan membantu menyediakan pelatihan khusus. Sehingga, bila suatu saat tuntutan skill naik, hasil pelatihan sudah bisa diakui,” urai penggagas pelayaran perintis selatan Jawa tersebut.

Emil bahkan sudah menyiapkan program SMK dengan membuka jurusan yang menyesuaikan arah industrialisasi di Jatim. Dia mencontohkan kebijakannya di Trenggalek dengan membangun jurusan baru di antaranya pariwisata, fashion, IT dan teknologi pertanian.

“Kalau ini terwujud di Jatim, maka dapat menyerap lapangan pekerjaan lebih tinggi dan skill para pekerja kita dapat diandalkan yang berujung pada peningkatan kualitas industri,” ujarnya.

Emil ‘Magnet’ Buruh

SAPAAN HANGAT: Cawagub Emil Dardak berkomitmen meningkatkan SDM dan kesejahteraan buruh di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SAPAAN HANGAT: Cawagub Emil Dardak berkomitmen meningkatkan SDM dan kesejahteraan buruh di Jawa Timur. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Dalam kunjungannya, Emil berkesempatan keliling pabrik menyapa dan melihat proses produksi di PT Global Way, perusahaan yang memproduksi alat-alat olahraga yang bermitra dengan merek terkenal.

Kedatangan suami Arumi Bachsin itupun menjadi ‘magnet’ ratusan buruh yang mayoritas perempuan, mereka ramai-ramai berebut salaman dan berswa foto.

• Baca: Emil Siapkan Koperasi dan Perumahan untuk Buruh Migran

Fitria, salah seorang buruh mengungkapkan kebahagiaannya bisa bertemu dengan Emil yang dilihat di televisi ketika debat Pilgub Jatim. Menurutnya, penampilan Emil ketika debat merupakan cerminan bahwa Khofifah-Emil tepat untuk memimpin Jatim.

“Saya senang sekali bisa bertemu dengan Mas Emil, sebelumnya hanya lihat di televisi dan media sosial. Selain cerdas beliau juga ganteng, saya doakan bisa memimpin Jatim bersama Ibu Khofifah,” katanya sembari tersenyum.