TNI AL Koarmada II Gelar Vaksinasi di Pulau Sapeken

VAKSINASI DI PULAU TERPENCIL: Koarmada II menggelar vaksinasi di Pulau Sapeken yang dihuni 8.500 jiwa. | Foto: Koarmada II
VAKSINASI DI PULAU TERPENCIL: Koarmada II menggelar vaksinasi di Pulau Sapeken yang dihuni 8.500 jiwa. | Foto: Koarmada II

SURABAYA, Barometerjatim.com – Covid-19 yang tak kunjung melandai — bahkan belakangan kian meroket, membuat pemerintah menargetkan vaksinasi 1 juta suntikan per hari pada Juli dan 2 juta per hari pada Agustus 2021.

Guna menyukseskan program pemerintah tersebut, Komando Armada (Koarmada II) bekerja sama dengan Pemprov Jatim dan Universitas Hang Tuah, menggelar “Serbuan Vaksinasi” kepada masyarakat maritim yang tinggal di pulau terpencil di ujung timur Pulau Madura, yakni Pulau Sapeken dengan luas wilayah 1 Km2 dan dihuni 8.500 jiwa.

Tim Penyelenggara vaksinasi Koarmada II yang dipimpin Asisten Operasi (Asops) Pangkoarmada II Kolonel Laut (P) Edi Haryanto dengan Tim Vaksinator yang dipimpin Kadiskes Koarmada II, Kolonel Laut (K) Tirta Nandaka Sp.Kj.K tiba di Pulau Sapeken menggunakan KRI Teluk Banten-516 dan KRI HIU-634, Selasa (6/7/2021).

Turut hadir mendampingi Asop Pangkoarmada II, di antaranya Aspotmar Pangkoarmada II, Kolonel Laut (P) Albertus Agung Prio S; Kadis Infolahta Koarmada II, Kolonel Laut (KH) Erwan Zaenudin; dan Danlanal Batuporon, Letkol Laut (P) Mahfud Efendi.

Kolonel Edi menuturkan, Pulau Sapeken menjadi sasaran Serbuan Vaksin lantaran jaraknya yang jauh, kurang lebih 200 Km dari Pulau Sumenep dan lebih dari 200 Km dari Pulau Bali dengan wilayah 1 Km2 dihuni 8.500 jiwa sehingga herd immunity atau kekebalan komunal sangat penting.

“Sebab jika ada yang terpapar Covid-19, proses evakuasi membutuhkan waktu 12 jam untuk bisa dievakuasi di Kabupaten Sumenep,” terang Kolonel Edi, Kamis (8/7/2021).

Lagi pula, lanjut Kolonel Edi, kegiatan vaksinasi di kota dan pulau besar sudah banyak dilakukan. Namun tidak di pulau terpencil seperti di Sapeken, sehingga pulau ini menjadi sasaran penting.

“Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua hari dengan target 1.500 orang per hari. Dalam kegiatan ini juga diserahkan APD sebanyak 12.000 buah, masker 600.000 buah, dan hand sanitizer 12.000 buah bantuan dari Pemprov Jatim,” jelasnya.

Selain melakukan vaksinasi, papar Kolonel Edi, Tim Serbuan Vaksin Koarmada II tak lupa memberikan edukasi kepada masyarakat untuk mengeliminasi informasi-informasi yang tidak benar dan meresahkan masyarakat terkait informasi vaksinasi Covid-19.

BANTUAN APD: Selain vaksinasi, Koarmada II juga menyerahkan bantuan APD di Pulau Sapeken. | Foto: Koarmada II
BANTUAN APD: Selain vaksinasi, Koarmada II juga menyerahkan bantuan APD di Pulau Sapeken. | Foto: Koarmada II

» Baca Berita Terkait Wabah Corona