The Great 50 Show OCI, Suguhan Sirkus di Usia Separuh Abad!

Show Oriental Circus Indonesia di Surabaya disambut meriah. | Foto: Barometerjatim.com/wira harlijadi
Show Oriental Circus Indonesia di Surabaya disambut meriah. | Foto: Barometerjatim.com/wira harlijadi

Di tengah sirkus yang tak lagi menjadi tontonan utama, Oriental Circus Indonesia menggelar The Great 50 Show untuk merayakan usia separuh abad.

SEMULA, Hans Manansang ragu saat diminta melanjutkan usaha keluarga: Oriental Circus Indonesia (OCI). “Saya khawatir tidak ada yang menonton,” katanya di sela show OCI di Parkir Utara Lenmarc Mal, Surabaya, 13 Maret 2019.

Tapi keraguan Managing Director PT Ananta Harsa Group, pengelola OCI, itu terjawab, setelah The Great 50 Show OCI di sejumlah kota mendapat sambutan antusias, termasuk di Surabaya, 13 Maret 2019. Show akan berlangsung hingga April mendatang.

Ya, Hans dituntut untuk terus berinovasi dalam kemasan pertunjukan OCI agar bisa bertahan lama. Sejak berdiri pada 1967, OCI telah menghelat 40 ribu pertunjukan dan menghibur lebih dari 17 juta penonton.

Namun di tengah modernisasi saat ini, dengan begitu banyaknya alternatif tontonan serba canggih, membuat Hans harus bekerja keras untuk dapat bersaing sekaligus menjaga kelestarian usaha keluarga tersebut.

Terkait sambutan antusias The Great 50 Show OCI, Hans mengungkapkan karena dia memadukan unsur tradisional dan modern. Mulai akrobat, badut, aksi trapeze, juggling, hingga sepeda roda satu yang dipadukan dengan musik serta tarian.

“Kali ini kita suguhkan penampilan akrobat tradisional digabung dengan unsur modern,” katanya, sembari menambahkan The Great 50 Show OCI diramaikan 30 pemain dari Indonesia, Jerman dan China.

Dikemas Milenial

Pemain Oriental Circus Indonesia unjuk ketangkasan. | Foto: Barometerjatim.com/wira harlijadi
Pemain Oriental Circus Indonesia unjuk ketangkasan. | Foto: Barometerjatim.com/wira harlijadi

Salah seorang pemain asal Jerman, Josh Kunze menuturkan, dalam show kali ini dirinya membawakan lagu yang diciptakan sendiri dan karya Nikita Dompas, tanpa meng-cover lagu milik orang lain.

Based-nya bercerita tentang seseorang yang punya mimpi dan berusaha keras untuk mengejar mimpi itu,” tutur Josh yang akan membawakan dua jenis lagu di-show OCI, happy dan mellow.

Menurutnya, begitu banyak elemen yang digabung menjadi satu dalam The Great 50 Show OCI . “Ini bukan sirkus zaman dahulu yang hanya dilihat anak kecil, sekarang lebih dikemas untuk milenial dan kemasannya juga akan berbeda,” katanya.

Selebihnya, pertunjukan sirkus yang berdurasi dua jam dengan jeda 20 menit itu banyak memberikan adegan menegangkan. “Banyak adegan yang terlalu tegang. Menurut saya tiap pembagian mempunyai nilai tersendiri,” ujarnya.•

» Baca Berita Terkait Warna-Warni