Temui Khofifah, Whisnu: Pemkot dan Pemprov Nyambung Lagi!

OBROLAN GAYENG: Usai jabat Plt, Whisnu Sakti Buana temui Khofifah di Gedung Negara Grahadi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
OBROLAN GAYENG: Usai jabat Plt, Whisnu Sakti Buana temui Khofifah di Gedung Negara Grahadi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Usai ditunjuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota Surabaya pasca Tri Rismaharini diangkat Presiden Jokowi sebagai Menteri Sosial, Whisnu Sakti Buana langsung melakukan koordinasi dengan Pemprov Jatim.

Jumat (25/12/2020), Whisnu yang juga wakil ketua Bidang Organisasi DPD PDIP Jatim menemui Gubernur Khofifah Indar Parawansa di Gedung Negara Grahadi untuk membahas sejumlah hal.

Ditanya adakah pesan khusus dari Khofifah mengingat obrolan terlihat berlangsung gayeng, Whisnu sambil tertawa ringan menuturkan kalau dirinya sudah kenal lama dengan gubernur yang mantan Menteri Sosial tersebut.

“Apalagi beliau sama ibu dalem (saya) itu ya dekat. Jadi kita ya..” kata Whisnu. “Sama Pak Tjip (Soetjipto Soedjono, ayah Whisnu yang mantan Sekjen DPP PDIP) dulu juga bareng-bareng,” timpal Khofifah.

“Sama bapak juga bareng-bareng, jadi makanya.. Ya kita sudah lama lah kenal beliau. Jadi sudah nyambung lagi untuk urusan pemerintahan ini, agar bisa sambung antara Surabaya dan Pemprov,” sambung Whisnu.

Sementara terkait hal yang dibahas dalam perbincangan sekitar 30 menit tersebut, menurut Whisnu, di antaranya membicarakan penanganan Covid-19 di Surabaya karena wilayah ini paling sentral di Jatim. Apalagi menjelang malam Tahun Baru 2021.

Alhamdulillah tadi sudah kita sepakati untuk insyallah untuk Kampung Tangguh kita aktifkan lagi, nanti saya bersama Bu Gubernur dan Forkopimda Provinsi juga kita akan coba keliling untuk mengaktifkan lagi,” jelas Whisnu.

Insyaallah minggu depan, karena bantuan hibah Kampung Tangguh Covid-19 yang kita turunkan dari Pemkot sekaligus kita aktifkan dalam menjaga kampungnya di masa libur panjang Tahun Baru,” sambungnya.

Cegah Klaster Baru

SAMBUTAN HANGAT: Kedatangan Whisnu di Grahadi disambut hangat Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
SAMBUTAN HANGAT: Kedatangan Whisnu di Grahadi disambut hangat Sekdaprov Jatim, Heru Tjahjono. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Soal jumlah anggaran yang akan dikucurkan, Whisnu menegaskan kalau pengaktifan kembali Kampung Tangguh sifatnya stimulan, sedangkan fokusnya tetap mengawal pengamanan libur panjang Tahun Baru.

“Sambil kita aktifkan kembali RT/RW untuk mendata warganya yang liburan, sehingga nanti pasca liburan jangan sampai ada klaster baru yang muncul,” ungkapnya.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga akan meminta tenaga medis di Puskesmas terdekat untuk mendekati warga yang baru pulang dari liburan agar mengikuti swab test gratis.

“Kalau mau swab mandiri ya monggo, tapi kita sudah siapkan yang gratis. Anggarannya nanti kita hitung, saya Senin baru rapat dengan Pak Sekda dan OPD semua,” jelas Whisnu.

Sementara terkait larangan ke luar kota, surat edaran sudah disampaikan kepada masyarakat. “Sudah diterbitkan Bu Wali (Tri Rismaharini) waktu itu,” tuntasnya.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim