Tak Hanya Fadli Zon, Mahasiswa Papua Tolak Didatangi Siapapun!

TOLAK DIKUNJUNGI SIAPAPUN: Spanduk penolakan mahasiswa Papua di Surabaya dikunjungi siapapun. | Foto: IST
TOLAK DIDATANGI SIAPAPUN: Spanduk penolakan mahasiswa Papua di Surabaya dikunjungi siapapun. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Upaya Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon dan rombongan mendatangi Asrama Mahasiswa Papua di Jalan Kalasan, Tambaksari, Surabaya, Rabu (21/8/2019), tak kesampaian.

Penyebabnya, Fadli Zon yang datang bersama anggota Komisi X DPR RI dari Fraksi PDIP, Jimmy Demianus Ijie dan anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, Steven Abraham diadang spanduk di pintu pagar bertuliskan: Siapapun yang datang kami tolak.

Ya, siapapun! Tak hanya Fadli Zon dan rombongan. Namun Jimmy menyadari penolakan tersebut karena kedatangan rombongan yang mendadak, sehingga penghuni asrama enggan membukakan pagar. Apalagi dalam situasi Papua yang masih menghangat.

“Hari ini kami ingin kita bertemu dengan mereka tapi bukan berarti gagal. Ini kesempatan yang tertunda saja,” katanya pada wartawan.

Pihaknya akan tetap mengupayakan langkah-langkah persuasif untuk menyelesaikan masalah, serta memilih menggunakan pendekatan adat.

Sementara terkait kedatangannya ini bersama rombongan, Fadli Zon menyatakan ingin melihat dan mendengar secara langsung dari para mahasiswa asal Papua di Surabaya terkait apa yang mereka alami.

“Setelah ini kami akan diskusikan apa yang sebenarnya menimpa para mahasiswa asal Papua itu dengan pihak terkait, seperti gubernur Jatim dan aparat keamanan,” jelasnya.

Menurut Fadli Zon, untuk menyimpulkan apa yang sebenarnya terjadi harus dilakukan investigasi menyeluruh guna menggambarkan fakta yang berimbang.

“Jadi perlu ada investigasi yang mencakup segala hal tentang masalah ini,” ujar legislator yang juga wakil ketua umum DPP Partai Gerindra tersebut.

» Baca Berita Terkait Papua, Fadli Zon