Senin, 24 Januari 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Surabaya Kota Terinovatif di Indonesia, Buah Terobosan Eri Cahyadi!

Berita Terkait

SURABAYA KOTA TERINOVATIF: Eri Cahyadi (kanan), telorkan berbagai terobosan untuk Kota Surabaya. | Foto: Barometerjatim/IST
SURABAYA KOTA TERINOVATIF: Eri Cahyadi (kanan), telorkan berbagai terobosan untuk Kota Surabaya. | Foto: Barometerjatim/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sejumlah terobosan yang digeber Wali Kota Surabaya,  Eri Cahyadi membawa Surabaya masuk jajaran ”Kota Terinovatif” di Indonesia yang ditetapkan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian melalui Innovative Government Award (IGA) 2021.

Penilaian ini melibatkan Kementerian Keuangan, Kemendagri, Kemenpan RB, Bappenas, Badan Riset dan Inovasi nasional (BRIN), LAN RI, Universitas Indonesia (UI), dan NGO Kemitraan.

Indeks inovasi yang memantau terobosan dari pemerintah daerah se-Indonesia berdasarkan pengukuran yang divalidasi Balitbang Kemendagri dan melalui Penjaminan Mutu UKKPPM Scientific Modeling, Application, Research, and Training for City-Centered Innovation and Technology (Smart City) Universitas Indonesia.

”Inovasi itu kunci. Kalau kota mau maju, ya inovasi. Kalau kerja business as usual, ya kasihan warganya karena pemerintah daerahnya tidak progresif dalam pelayanan. Makanya di Surabaya kami berikhtiar agar semua dinas, badan, kecamatan, kelurahan berinovasi. Berikan yang terbaik untuk warga,” ujar Eri, Kamis (30/12/2021).

Eri menjelaskan, sejumlah inovasi yag digeber Pemkot Surabaya antara lain integrasi pelayanan kependudukan dengan melibatkan Pemkot, Pengadilan Agama, Kementerian Agama, hingga Pengadilan Negeri. Lalu ada kemudahan pelayanan perizinan melalui Surabaya Single Window (SSW) Alfa. Warga juga dimudahkan melapor melalui aplikasi Wargaku maupun 112.

”Kita juga membangun big data pelayanan, termasuk di dalamnya bagaimana database NIK terintegrasi untuk semua pelayanan. Bukan hanya soal dokumen kependudukan, tetapi juga pelayanan pendidikan serta kesehatan khususnya untuk masyarakat berpenghasilan rendah,” jelas Eri.

Mantan Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Bappeko) Surabaya itu juga mengaku tak puas begitu saja dengan layanan dan capaian penghargaan tersebut. Berbagai inovasi akan terus digeber.

“Ke depannya, akan disiapkan pelayanan apapun akan menjadi single data. Ketika sudah menjadi single data, maka kebijakan Kota Surabaya akan mudah terealisasi secara cepat,” ujarnya.

Eri juga menargetkan untuk terus meningkatkan digitalisasi pelayanan di Surabaya. Semua jenis pelayanan harus terdigitalisasi. ”Digitalisasi membuat prosesnya cepat dan terstandar, juga yang pasti mengurangi celah pungli atau korupsi karena semakin meniadakan pertemuan antarorang,” jelasnya.

» Baca berita terkait Pemkot Surabaya. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -