Sunat Anggaran! 12 Pejabat BPPKAD Gresik Terjaring OTT

OTT! Plt Kepala BPPKAD, Muchtar diamankan tim Kejari Gresik. | Foto: Barometerjatim.com/Didik Hendriyono

GRESIK, Barometerjatim.com – Tim Kejaksaan Negeri (Kejari) Gresik makin trengginas dalam ‘bersih-bersih’ korupsi di Kota Santri.

Usai kepala Dinkes dan Dispora, Senin (14/1) hari melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) terhadap sejumlah pejabat di lingkungan Badan Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPPKAD) Pemkab Gresik.

Tak tanggung-tanggung, dalam OTT tersebut, tim yang dipimpin Kasi Pidsus Andre Dwi Subianto dan Kasi Intel R Bayu Probo Sutopo itu mengamankan 12 pejabat.

Mereka yakni Sekretaris yang baru saja menjabat Plt Kepala BPPKAD, Muchtar. Lalu empat orang kepala bidang (Kabid) serta tujuh pejabat di bawah Kabid.

Selain itu, tim Kejari juga mengamankan sejumlah barang bukti berupa CPU, dokumen, serta uang ratusan juta rupiah. Hasil penyidikan sementara, OTT terkait pemotongan anggaran.

“Soal anggaran apa yang dipotong dan berapa total jumlahnya, saat ini masih kita dalami dan sedang dihitung,” ujar Kasi Pidsus Kejari Gresik, Andre Dwi Subianto.

Terkait 12 pejabat yang diamankan, Andre menegaskan belum ada tersangka. “Semua masih kita periksa. Mereka masih berhak 1×24 jam untuk memberikan keterangan atau data,” katanya.

Kejutan di Sore Hari

Petugas dari Kejari Gresik menggeledah kantor BPPKAD. | Foto: Barometerjatim.com/Didik Hendriyono

OTT berlangsung sekitar pukul 15.30 WIB. Saat itu sejumlah staf dan pejabat BPPKAD yang sedang bersiap pulang kantor, dikejutkan kedatangan petugas dari Kejari. Petugas kemudian memerintahkan seluruh pegawai agar tidak keluar ruangan.

Usai menggeledah sekretariat, dilanjut menggeledah ruangan Bidang Penagihan, Bidang Pajak PBB dan BPHTB serta Bendahara BPPKAD. Beberapa staf juga diminta menunjukkan dokumen serta file di komputer milik sekretariat.

Sekitar pukul 16.30 WIB, seluruh dokumen diangkut tim Kejari ke mobil. Setelahnya, Muchtar dibawa keluar, dikawal khusus anggota seksi intelijen dan dimasukkan ke mobil Innova warna silver untuk diamankan.

Setelahnya, empat kepala bidang (Kabid) BPPKAD mengikuti Muchtar. Yakni Kabid Pajak dan BPHTB, Mustofa; Kabid Penagihan, Ahmad Haris; Kabid Pajak Daerah, Farida Hasnah; serta Kabid Anggaran, M Yazit Nurkhafidhi.•

» Baca Berita Terkait Korupsi, Kejari Gresik