Sukses Awal Khofifah Buah Sinergi dengan Pakde Karwo

KAWAL PENUH: Renville Atonio, Partai Demokrat kawal pemerintahan Khofifah-Emil selama lima tahun ke depan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
KAWAL: Renville Antonio, Demokrat kawal pemerintahan Khofifah-Emil selama 5 tahun ke depan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mencatat sukses awal — RPJMD masih dibahas di DPRD Jatim, tapi sudah memenuhi sedikitnya lima janji kampanye di 99 hari kerja — dinilai Partai Demokrat buah sinergi dengan gubernur sebelumnya, Soekarwo alias Pakde Karwo.

“Nawa Bhakti Satya ini kan ide dari Bu Khofifah, tapi disinergikan, dibicarakan dengan Pakde Karwo, sehingga muncul program-program yang ada dalam Nawa Bhakti Satya,” tutur Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio, Selasa (28/5/2019).

Bahkan ‘lampu hijau’ dari Pakde Karwo, menurut Renville sudah diberikan sejak Khofifah menyandang status gubernur terpilih. Pakde Karwo sudah menginstruksikan para OPD untuk memasukkan program Khofifah ketika pembahasan APBD murni.

“Jadi sebagian memang sudah kita masukkan. Alhamdulillah itu sesuai dengan apa yang diinginkan dalam program-program di Nawa Bhakti Satya,” tegas wakil ketua Komisi C DPRD Jatim tersebut.

Alhasil, program sudah berjalan di 99 hari kerja, tandas Renville, karena dalam penyusunannya disinergikan dengan Pakde Karwo walaupun RPJMD belum masuk.

“Jadi kemarin Pakde juga sudah menyiapkan jalannya untuk digunakan memenuhi program Khofifah-Emil, dan alhamdulillah sekarang sudah jalan,” ucapnya.

Paling tidak, Demokrat melihat sedikitnya lima program, yakni Millennials Job Center (MJC), pendidikan gratis berkualitas (Tistas), tunjangan untuk huffadz, PKH Plus, serta penguatan Jatim di bidang pangan melalui BUMD.

Kawal di DPRD Jatim

Selebihnya Fraksi Demokrat akan mengawal penuh program-program Nawa Bhakti Satya di RPJMD yang saat ini tengah dibahas di DPRD Jatim. Termasuk, mungkin ada yang belum dimasukkan tapi program tersebut sangat dibutuhkan masyarakat.

“Seperti pendirian Perda BUMD (pangan) di aturan wajib dimasukkan dalam RPJMD, kan kemarin belum dimasukkan maka kami kawal. Kami akan masukkan di RPJMD agar bisa jalan,” tandas Renville.

“Begitu juga dengan program lainnya, termasuk program pengungkit, kita juga kasih masukan. Walupun program-program yang sifatnya memberi bantuan juga banyak,” urainya.

» Baca Berita Terkait Pemprov Jatim