Sowan ke Ponpes Tremas, Emil Disambut ‘Kursi 3 Presiden’

KURSI TIGA PRESIDEN: Emil Dardak duduk di kursi yang pernah diduduki tiga presiden saat sowan ke Ponpes Tremas, Pacitan, Jumat (4/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
KURSI TIGA PRESIDEN: Emil Dardak duduk di kursi yang pernah diduduki tiga presiden saat sowan ke Ponpes Tremas, Pacitan, Jumat (4/5). | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

PACITAN, Barometerjatim.com – Cawagub Jatim nomor satu, Emil Elestianto Dardak terus menyisir wilayah Mataraman. Sejumlah tempat dikunjungi, salah satunya Pondok Pesantren (Ponpes) Tremas, Pacitan, Jumat (4/5). Di Ponpes legendaris itu, Emil bahkan dipersilakan duduk di kursi yang pernah diduduki tiga presiden.

Kehadiran Emil bersama istrinya, Arumi Bachsin disambut hangat pengasuh Ponpes dan keluarga, di antaranya KH Fuad Habib Dimyati, Nyai Hj Inayatus Sholihah dan KH Akhid Turmudzi.

Emil dan Arumi lalu disuguhi kopi dan makanan tradisional. Silaturahim berlangsung cair dan gayeng, bahkan keduanya disambut bak keluarga dekat.

• Baca: Survei: Gaya Debat Emil Lebih Disukai Ketimbang Puti

“Yang duduk di kursi ini bersama saya gak main-main lho Mas Emil. Gus Dur, SBY, Jokowi dan sampeyan Mas Emil,” kata Gus Fuad — sapaan KH Fuad Habib Dimyati — yang disambut Emil dengan senyuman.

Sementara Emil menuturkan, kunjungan ke Ponpes Tremas tidak dimaknainya sebagai kampanye politik. Melainkan lebih sebagai bentuk penghormatan terhadap para ulama yang selama ini menjadi pengayom umat,  sekaligus meneladani perjuangan Ponpes legendaris tersebut.

“Ini lebih bermakna sowan seorang santri kepada para sesepuh, bersilaturahim, mohon doa dan restu. Apalagi Ponpes Tremas ini banyak menorehkan sejarah, misalnya perjuangan dalam kemerdekaan,” ujar Emil.

• Baca: Survei Cawagub: Emil Ungguli Puti Hampir di Semua Kategori

Di Ponpes yang dikenal melahirkan banyak ulama karismatik itu, Emil juga diajak Gus Fuad sowan ke nyai sepuh pesantren, Nyai Kiptiyah Habib Dimyati.

Niki Emil Dardak, calon wakil gubernur Jawa Timur, nyuwun pandungane panjenengan,” kata Gus Fuad. Emil pun didoakan agar diberi kelancaran dan apa yang dicita-citakannya dapat tercapai.