Sinergi P4GN, Gus Hans Pimpin GNAN Jatim Kunjungi BNNP

KOLABORASI: GNAN Jatim kunjungi BNPP Jatim, kolaborasi berantas penyalahgunaan narkoba. | Foto: Barometerjatim.com/IST
KOLABORASI: GNAN Jatim kunjungi BNPP Jatim, kolaborasi berantas penyalahgunaan narkoba. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pengurus Gerakan Nasional Anti Narkoba (GNAN) Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jatim kian gencar membangun sinergi. Setelah silaturahim ke Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jatim, kali ini melakukan kunjungan ke Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Jatim.

Dipimpin Ketua GNAN MUI Jatim, KH Zahrul Azhar Asumta As’ad, kunjungan yang dilakukan pada Rabu (6/10/2021) tersebut terkait sinergi program Pencegahan, Pemberantasan Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN)

“Kami ingin membangun sebuah kolaborasi dan sinergi untuk kebaikan bersama, karena narkoba ini adalah permasalahan bersama yang harus mendapatkan perhatian khusus,” jelas kiai muda yang akrab disapa Gus Hans itu lewat keterangan tertulis, Sabtu (9/10/2021).

Dalam pertemuan tersebut, pengurus GNAN MUI Jatim juga mengenalkan programnya yang akan diluncurkan bersama Baznas Jatim, yakni penggalangan dana khusus untuk menanggulangi narkoba.

“Nantinya bagi para muzakki atau orang-orang yang bersedekah yang berkaitan dengan kegiatan anti narkoba, akan dibikinkan rekening sendiri. Eksekutornya dari GNAN MUI Jatim,” paparnya.

Dengan pola seperti itu, Gus Hans merasa lebih aman karena GNAN MUI Jatim tidak perlu mengumpulkan dan memegang dana umat, karena yang melakukan tetap Baznas.

“Nanti kami akan mengajukan kegiatan sesuai dengan proposal yang kita lakukan. Ini insyaallah menghindarkan fitnah dalam penggunaan dan pengumpulan dana umat,” ucap pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Queen Al Azhar Darul Ulum Jombang tersebut.

Lewat program bersama Baznas, Gus Hans berharap bisa mendukung kegiatan BNNP Jatim dalam melakukan sosialisasi. “Sehingga kami bisa berjalan beriringan dan saling menguatkan, agar bisa membatu dalam upaya perang melawan narkoba,” ujarnya.

Sementara itu Kepala BNNP Jatim, Brigjen Pol M Aris Purnomo menyambut hangat kunjungan pengurus GNAN MUI Jatim. Dia berharap kerja sama bisa terjalin secara intens dalam upaya memerangi penyalahgunaan narkoba.

“Ke depan kami akan ada kerja sama di berbagai sektor. Mulai dari sosialisasi, lomba TikTok dan Reels, hingga pengisian materi yang akan di-support,” katanya.

» Baca Berita Terkait Narkoba