Rangkul Semua Ormas, DMI Lamongan Bentuk Ornom Baru

ORNOM BARU: Pelantikan PD BKMM DMI Lamongan di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lamongan, Kamis (19/4). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
ORNOM BARU: Pelantikan PD BKMM DMI Lamongan di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lamongan, Kamis (19/4). | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Dewan Masjid Indonesia (DMI) Lamongan membentuk organisasi otonom (Ornom) baru: Badan Koordinasi Majelis Taklim Masjid (BKMM). Pelantikan Pimpinan Daerah (PD)  BKMM masa khidmat 2018-2023 dilakukan Ketua PW BKMM DMI Jatim, Nur Jannah di Gedung Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Lamongan, Kamis (19/4).

Hadir dalam kesempatan tersebut Bupati Fadeli, Wakil Bupati Kartika Hidayati, Dandim 0812 Letkol Arh Sukma Yudha Wibawa, Sekkab Yuhronur Efendi, Ketua DMI Lamongan KH Abdus Salam serta Ketua MUI Lamongan KH Abdul Aziz Choiri.

• Baca: Warga Lamongan Tuntut Pembatalan Kenaikan PBB

Ketua PD BKMM DMI Lamongan, Nurotun Mumtahanah usai dilantik mengatakan organisasinya merangkul semua elemen masyarakat, seperti organisasi kemasyarakatan Nahdaltul Ulama (NU) maupun Muhammadiyah. Termasuk pula beberapa orang pengurus dari unsur pemerintahan.

“Organisasi ini kami niati untuk tidak ada sekat, sehingga semuanya, baik dari NU maupun Muhammadiyah dirangkul. BKMM ini juga tidak hanya berisi generasi tua, tapi juga yang muda untuk kaderisasi,” katanya.

Nurotun mengungkapkan, program pertama yang dilakukan adalah pembentukan BKMM di seluruh (27) kecamatan di Lamongan. Kemudian mengadakan pengajian rutin dan pengembangan ekonomi keumatan.

Selain itu akan melaksanakan program pelatihan pemulasaraan jenazah bagi perempuan. Karena, menurutnya, saat ini masih jarang perempuan yang memiliki pengetahuan memandikan jenazah.

• Baca: Santri ‘Zaman Now’ Perlu Belajar Jadi Pengusaha Sukses

“Kami juga akan merancang kegiatan literasi. Dengan harapan semoga program kami dapat disinergikan dengan pemerintah,” lanjutnya.

Sementara Bupati Fadeli mengapresiasi niatan baik PD BKMM DMI Lamongan untuk kompak, merangkul semuanya. Sehingga bisa membantu berbagai program Pemkab Lamongan di berbagai bidang.

“Akan sangat bagus jika rencana pemberdayaan umat ini dilaksanakan dengan baik. Misalnya dengan membentuk koperasi, sehingga programnya nanti tidak melulu hanya melaksanakan pengajian,” saran Fadeli.