PT PWU: Lumbung Pangan Jatim Paksa Spekulan Turunkan Harga!

BENDUNG SPEKULAN: Erlangga Satriagung, Lumbung Pangan Jatim bikin spekula, 'gigit jari'. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
BENDUNG SPEKULAN: Erlangga Satriagung, Lumbung Pangan Jatim bikin spekula, ‘gigit jari’. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Dirut PT Panca Wira Usaha (PWU) Jatim, Erlangga Satriagung menuturkan, kehadiran Lumbung Pangan Jatim benar-benar membuat harga komoditas bahan pokok stabil. Bahkan tak ada celah bagi spekulan untuk ‘memainkan’ harga di pasaran.

Lumbung Pangan Jatim sangat mempengaruhi kondisi pasar di Surabaya dan Jatim. Kita lihat, sejak ada Lumbung Pangan Jatim tidak ada gejolak harga,” ujar Erlangga di Surabaya, Jumat (22/5/2020).

Harga sembako, tandas Erlangga, stabil-stabil saja. Bahkan gula hingga kini dijual hanya Rp 12,5 ribu atau Harga Eceran Tertinggi (HET), meski sejak April harga di pasaran mencapai Rp 18-20 ribu.

“Nah, ini memaksa pasar itu menurunkan harganya, termasuk memaksa para spekulan menurunkan harga. Sekarang di pasar sudah turun menjadi Rp 14,5-15 ribu dari Rp 18-20 ribu, ini kan luar biasa!” tandasnya.

“Dan ini yang kita harapkan, (Lumbung Pangan Jatim) bisa memberikan dampak positif terhadap stabilisasi harga sembako di Jatim,” sambung Erlangga.

Begitu pula dengan harga telor, yang dijual cukup besar bedanya dengan harga di pasararan. Sehingga, Lumbung Pangan Jatim bisa menjadi tempat patokan atau trendsetter-nya toko-toko di pasar.

“Semua toko ritel besar juga mengacunya harga di sini. Ini membantu masyarakat untuk mendapatkan harga lebih murah. Alhamdulillah, kalau masalah stabilisasi harga, Bu Gubernur tampaknya berhasil untuk mengendalikan harga sembako,” paparnya.

Adakah celah buat tengkulak untuk memborong komoditas sembako di Lumbung Pangan Jatim?

“Enggak mungkin lah, karena barang paling sensitif kan gula, gula kita batasi 2 Kg per pembelian. Kalau dia mau muter lagi, antre lagi, paling tiga kali. Itu pun cuma 6 Kg, nimbun dari mana dibanding capeknya,” katanya.

MURAH: Di Lumbung Pangan Jatim, gula dijual Rp 12,5 ribu, jauh di bawah harga pasaran. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
MURAH: Di Lumbung Pangan Jatim, gula dijual Rp 12,5 ribu, jauh di bawah harga pasaran. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

» Baca Berita Terkait Wabah Corona, Lebaran