Politikus Nasdem: Kiai Ma’ruf Seolah Hanya Didukung PKB

JANGAN CERMINKAN POLITISI: Effendy Choirie (Gus Choi) minta pernyataan Kiai Ma'ruf Amin mencerminkan agamawan dan negarawan, bukan politisi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
KRITISI KIAI MA’RUF: Effendy Choirie (Gus Choi) minta pernyataan Kiai Ma’ruf Amin cerminkan agamawan dan negarawan, bukan politisi. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak hanya meminta KH Ma’ruf Amin agar tidak berisik! Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) DPP Partai Nasdem, Effendy Choirie juga menyebut pernyataan bakal Cawapres pendamping Jokowi itu tidak mencerminkan agamawan dan negarawan.

“Kalau dia (Kiai Ma’ruf Amin) menyatakan ayo orang NU kembali ke PKB, itu namanya bukan negarawan. Itu namanya menjadi politisi kembali dan seolah dia hanya didukung PKB,” kata Gus Choi — sapaan akrabnya — di sela penyerahan sapi kurban dari Nasdem untuk disalurkan PWNU Jatim, Selasa (21/8).

Gus Choi menandaskan, pernyataan Kiai Ma’ruf harus mencerminkan agamawan dan negarawan, “Bukan mencerminkan politisi praktis, sebagaimana beliau dulu menjadi ketua dewan syuro PKB,” ucapnya.

• Baca: Nasdem Terusik, Gus Choi: Kiai Ma’ruf Amin Jangan Berisik!

“Padahal Kiai Ma’ruf sebagai bakal Cawapes didukung seluruh koalisi. Bukan hanya PKB, bukan hanya PPP, tapi juga Golkar, PDIP, Nasdem, Hanura, PKPI dan yang lain-lain,” tambahnya.

Apalagi khitthah NU, tandas Gus Choi, membebaskan warga NU memilih Parpol manapun. “Masak ini baru diputuskan sebagai bakal Cawapres, belum resmi ditetapkan KPU, kemudian ngajak warga NU lain mendukung PKB. Ini kan enggak benar,” ucapnya.

Saat ditanya apakah menuver politik Kiai Ma’ruf ini sudah dibicarakan di internal koalisi, Gus Choi mengiyakan. “Iya, tapi tidak formal, menyesalkan (pernyataan Kiai Ma’ruf),” katanya.

• Baca: Sadad: Kader NU di Gerindra Tak Perlu Dukung Kiai Ma’ruf

Karena itu, Gus Choi mengingatkan, saat ini Kiai Ma’ruf menjadi Cawapres milik semua koalisi yang berjuang untuk kemenangannya.

“Hilangkan statemen-statemen yang seolah hanya mencerminkan sebagai NU, sebagai PKB atau sebagai PPP. Itu hilangkan, karena membuat Parpol lain dalam koalisi bisa marah atau minimal tidak simpatik,” ujarnya.

Apakah Nasdem juga meminta Kiai Ma’ruf mundur dari rais aam PBNU? Gus Choi menegaskan, soal mundur atau tidak, pihaknya tidak mau ikut campur urusan di internal PBNU.

• Baca: Khofifah Pilih Bicara Program Ketimbang soal Rais Aam

“Tapi harapan kami, kepada seluruh warga NU, pengurus NU, antarkan Kiai Ma’ruf bersama-sama kami, semua koalisi. Setelah jadi, mundur enggak ada masalah,” ujarnya.

Gus Choi juga yakin 90 persen warga NU akan mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. “Ada yang tidak mendukung, pasti! Tapi itu jumlahnya mungkin sekitar 10 persen,” katanya.