Pilpres, Yusril Lebih Sreg Dukung Pasangan yang Ada Ulamanya

SINYAL DUKUNG JOKOWI-MA'RUF AMIN : Yusril Ihza Mahendra lebih sreg dukung pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2019 yang ada ulamanya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
SINYAL DUKUNG JOKOWI-MA’RUF AMIN : Yusril Ihza Mahendra lebih sreg dukung pasangan Capres-Cawapres di Pilpres 2019 yang ada ulamanya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Partai Bulan Bintang (PBB) tak akan netral di Pilpres 2019. Hanya menunggu waktu yang tepat untuk menentukan pilihan di antara pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin atau Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Namun Ketua Umum PBB, Yusril Ihza Mahendra menegaskan partainya akan tetap berpegang pada hasil ijtima’ ulama, yakni mendukung pasangan yang ada ulamanya dan mencerminkan perpaduan nasionalis-religius.

PBB akan mendukung ulama yang maju di Pilpres sesuai hasil ijtima’ ulama kemarin. Nanti PBB akan bersikap, tapi prinsipnya tadi kader-kader PBB lebih sreg dengan pasangan yang ada ulamanya,” tegas Yusril di Surabaya, Kamis (23/8).

• Baca: Nasdem Terusik, Gus Choi: Kiai Ma’ruf Amin Jangan Berisik!

Ijtima ulama’ sebenarnya merekomendasikan Prabowo berpasangan dengan Ketua Majelis Syura Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Salim Segaf Al-Jufri atau da’i kondang Ustadz Abdul Somad.

Namun dalam perjalanannya, Prabowo dan Parpol koalisinya lebih memilih Sandiaga Uno. Di sisi lain, Jokowi yang semula disebut-sebut akan berpasangan dengan mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK), Mahfud MD ternyata memilih Rais Aam Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) yang juga Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Ma’ruf Amin.

Menilik komposisi kedua pasangan, Yusril memberikan sinyal akan mendukung pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin. Terlebih dia menegaskan tak ada yang membantah bahwa Kiai Ma’ruf adalah seorang ulama.

• Baca: Pilpres 2019, Nawardi: HKTI Jatim Ikut Pilihan Ibu Petani

Kiai Ma’ruf, menurut Yusril, jelas keulamaannya dan memegang peran strategis di organisasi keagamaan terbesar di Indonesia. Maka, saat Jokowi memilih Kiai Ma’ruf sebagai Cawapresnya, PBB memberikan apresiasi.

“Jokowi-Kyai Ma’ruf adalah pasangan umara dan ulama,” tandas Yusril, sembari berharap majunya Kiai Ma’ruf dapat membawa kedamaian dan kemajuan dalam berbangsa dan bernegara.