Perangi Hoax, Ansor Siapkan Tim Cyber di Setiap PAC

MDS RIJALUL ANSOR: Kegiatan MDS Rijalul Ansor di Masjid Baiturrahman, kompleks Mapolrestabes Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
MDS RIJALUL ANSOR: Kegiatan MDS Rijalul Ansor di Masjid Baiturrahman, kompleks Mapolrestabes Surabaya. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda (PC GP) Ansor Kota Surabaya kian gencar memerangi berita palsu (hoax). Bahkan mereka akan menyiapkan tim cyber di setiap Pimpinan Anak Cabang (PAC) atau tingkat kecamatan.

“Setiap PAC harus memiliki tim cyber dan akan dilatih oleh Cyber PC GP Ansor Surabaya,” tutur Ketua PC GP Ansor Surabaya, Faridz Afif dalam kegiatan Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul di Masjid Baiturrahman, kompleks Mapolrestabes Surabaya, Sabtu (17/3) malam.

“Ini menjadi tanggung jawab kita semua untuk memberikan kabar yang sebenarnya kepada masyarakat luas.”

Dengan memiliki tim cyber, Afif berharap seluruh kader Ansor bisa menelaah dan menyaring berita yang beredar di media sosial, sehingga bisa membedakan mana berita yang benar (valid) dan mana yang tidak benar (hoax).

• Baca: Mobil Anak Buah Risma Ditembaki, GP Ansor Ikut Marah

Lewat kegiatan MDS Rijalul ini, Ansor Surabaya juga mendeklarasikan perang terhadap hoax, karena berita palsu dapat merusak tatanan sosial masyarakat. “Bahkan memecah belah persatuan akibat fitnah yang disebarkan,” tambah Afif.

Kegiatan MDS Rijalul dikemas dengan tahlil kubro dan pembacaan maulid simtud duror serta diisi dengan tausiyah oleh KH Husni Hidayat. Hadir dalam kegiatan Kasat Intel Polrestabes Surabaya, AKBP Benny Pramono; Ketua Takmir Masjid Baiturrahman Mapolrestabes Surabaya, H Supardi; serta seluruh ketua PAC GP Ansor se-Surabaya.

• Baca: Lawan Hoax, GP Ansor: Dakwah Wajib Junjung Tata Krama

Dalam tausiyahnya, Kiai Husni menilai kegiatan ini merupakan lokomotif gerakan dakwah Islam rahmatan lil ‘alamin dan ahlussunnah wal jamaah an nahdliyah. “Sebagai pemuda, Ansor harus siap memberikan teladan yang baik kepada masyarakat,” kata kiai lulusan Universitas Al Azhar Kairo, Mesir tersebut.

Sedangkan menurut Ketua Rijalul Ansor Surabaya, M Mundir, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara Polrestabes Surabaya berikut jajarannya dengan Ansor Surabaya.

Alhamdulillah, selama ini hubungan Ansor dengan Kapolrestabes Surabaya selalu terjalin baik, termasuk dengan Kapolrestabes saat ini, Kombes Rudi Kurniawan,” kata Mundir.