PBB Beri Penghargaan Anggota Brimob Pengasuh 79 Yatim Piatu

TELADAN: Ipda Rochmat (gendong anak asuhnya) bersama Irjen Pol Luki Hermawan usai menerima penghargaan dari PBB, Senin (15/10). | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
TELADAN: Ipda Rochmat (gendong anak asuhnya) bersama Irjen Pol Luki Hermawan usai menerima penghargaan dari PBB, Senin (15/10). | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG

MADIUN, Barometerjatim.com – Kepedulian sosial dan rasa sayang terhadap anak-anak ditunjukkan personel Brimob Datasemen C Pelopor Polda Jatim, Ipda Rochmat Tri Marwoto. Sejak 2007, selain bertugas sebagai anggota Brimob, dia juga mengasuh 79 anak yatim piatu.

Saat ini, sebagian dari anak asuhnya bahkan sudah ada yang lulus perguruan tinggi. Sisanya, sekitar 20 anak — karena masih sekolah dan ada pula yang Balita — masih tinggal serumah dengannya di Jalan Raya Jati, Madiun.

Anak-anak tanpa orang tua yang diasuh Rochmat ini berasal dari Madiun, Ngajuk, Ponorogo, Pacitan, Bogor hingga Depok, Jawa Barat.

• Baca: Tahun Politik, Kapolda Jatim Rajin Blusukan ke Pesantren

“Sekarang tinggal 20 orang. Yang terkecil 1,6 bulan, yang paling dewasa 23 tahun, dan dua orang akan wisuda Desember nanti,” kata Rochmat usai menerima penghargaan dari Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) di kediamannya, Senin (15/10).

Penghargaan diserahkan perwakilan PBB, Leodewick Pasulatan disaksikan Kapolda Jawa Timur, Irjen Pol Luki Hermawan didampingi Kabid Humas Polda Jatim, Kombes Pol Frans Barung Mangera dan Kabid Propam Polda Jatim, Kombespol Hendra Wirawan.

• Baca: Kampanye Dimulai! Kapolda Tindak Tegas Penyebar Hoax

Rochmat menambahkan, anak-anak yang diasuhnya ini adalah generasi bangsa. Lantaran tanpa orang tua, katanya, tugas siapa lagi kalau bukan kita yang peduli dan ikhlas merawatnya.

“Tugas kita untuk bisa membawa mereka ke kehidupan nyata, agar Indonesia memiliki pemuda-pemuda andal dan siap terjun di masyarakat nantinya,” ucapnya.

Kapolda Mengaku Kaget

POTONG RANBUT: Prosesi akikah dan potong rambut anak asuh Rochmat yang dilakukan Ibu Bhayangkari, Atik Luki Hermawan. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
POTONG RANBUT: Prosesi akikah dan potong rambut anak asuh Rochmat yang dilakukan Ibu Bhayangkari, Atik Luki Hermawan. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG

Sementara Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan yang turut hadir menyaksikan pemberian penghargaan, mengaku kaget sekaligus bangga mengetahui keteladanan anggotanya yang mengasuh puluhan anak yatim piatu.

“Ini istimewa dan luar biasa! Menampung, merawat dan membina anak-anak yatim piatu, anak telantar, maupun anak korban KDRT hingga dapat terentas dan banyak di antaranya telah mampu merintis kehidupannya secara mandiri,” katanya.

Luki  juga berharap agar di jajarannya muncul Rochmat-Rochmat yang lain. “Saya berharap anggota Polri yang lain, khususnya jajaran Polda Jatim bisa mencontoh apa yang dilakukan Ipda Rochmat,” harap jenderal polisi bintang dua tersebut.

• Baca: 3 Jam Diperiksa Polda, Dhani: Pelapor GR Disebut Idiot!

Sebagai bentuk apresiasi dari kepolisian, kata Luki, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga telah memberi hadiah istimewa kepada Rochmat dengan mengikuti pendidikan di Sekolah Inspektur Polri.

Dalam kesempatan tersebut, setelah menjadi saksi penghargaan untuk Rochmat dari PBB, Luki meresmikan Asrama Ginaris dan Musola Arozi di kediaman Rochmat.

Luki juga berkunjung ke Ponpes Al Mujaddadiyah di Jalan Sitinggil, Kecamatan Taman, Madiun, untuk bersilaturahim dengan KH Agus Mushoffa yang memberinya cendera mata berupa lambang Nahdlatul Ulama (NU).

» Baca Berita Terkait Polda Jatim, Madiun