Kampanye Dimulai! Kapolda Tindak Tegas Penyebar Hoax

KAMPANYE DAMAI: Deklarasi kampanye damai digelar KPU Jatim di Jalan Tenggilis, Jemursari, Surabaya, Minggu (23/9). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
KAMPANYE DAMAI: Deklarasi kampanye damai digelar KPU Jatim di Jalan Tenggilis, Jemursari, Surabaya, Minggu (23/9). | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kampanye Pemilu 2019 dimulai. Kapolda Jatim, Irjen Pol Luki Hermawan menegaskan akan menjaga wilayah kerjanya secara maksimal, termasuk dari berita yang meresahkan, ujaran kebencian maupun hoax.

“Hindari masalah hoax, masalah ujaran kebencian dan kampanye hitam,” katanya saat deklarasi kampanye damai yang digelar KPU Jatim di Jalan Raya Tenggilis, Jemursari, Surabaya, Minggu (23/9).

Dia juga akan menindak tegas siapa saja yang pada masa kampanye menyebarkan kebencian. “Terutama dalam menghadapi berita hoax, politik khianat, politik SARA dan berita yang betul-betul mengganggu di media-media sosial akan kami tindak tegas,” paparnya.

• Baca: Diprotes! TKD Jokowi Tak Sertakan Khofifah dan Timnya

Untuk mengantisipasi informasi hoax dan ujaran kebencian selama Pemilu 2019, Luki sudah mengerahkan jajarannya untuk selalu memantau secara maksimal.

“Saya sudah perintahkan kepada seluruh Kapolres untuk bersama-sama Panwaslu memantau kegiatan selama kampanye ini. Tim cyber sudah kami bentuk untuk memantau informasi-informasi yang menyimpang,” tandasnya.

Luki menambahkan, Polri maupun TNI akan bersikap netral dalam Pemilu 2019. “Yang jelas akan kami amankan wilayah Jawa Timur dan kami TNI dan Polri akan netral,” ungkapnya.

• Baca: Dana Kampanye, Sumbangan Badan Usaha Maksimal Rp 25 M

Sementara Ketua KPU Jatim, Eko Sasmito menuturkan, deklarasi kampanye damai dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia sebagai awal dari pelaksanaan kampanye Pemilu 2019.

“Mengambil tema anti SARA, anti hoax karena sampai sekarang berita bohong atau hoax menjadi pemicu konflik belakangan ini,” jelas Eko.

Acara deklarasi diisi dengan pembacaan ikrar Pemilu damai, dilanjutkan penandatanganan kesepakatan pelaksanaan Pemilu damai oleh tim sukses pasangan Capres-Cawapres, lalu 16 Parpol peserta Pemilu dan tim pemenangan anggota DPD.

• Baca: Pemilih Pemula Naik, DPT Pemilu 2019 di Jatim 30.554.761

Kapolda Jatim dan Pangdam V Brawijaya, Mayjen TNI Arif Rahman juga turut membubuhkan tanda tangan sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Pemilu 2019 yang aman dan damai.

Pelaksanaan kampanye Pemilu 2019 mulai dilaksanakan hari ini hingga 13 April 2019. Sementara waktu pemungutan suara, dijadwalkan digelar empat hari setelahnya atau Rabu, 17 April 2019.

» Baca Berita Terkait KPU Jatim, Pemilu 2019, Polda Jatim