Pasca Risma, Surabaya Butuh ‘Paket Lengkap’ Sekelas Anas

PAKET LENGKAP: Abdullah Azwar Anas, 'paket lengkap' yang dinilai paling layak memimpin Surabaya pasca kepemimpinan Risma. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG
PAKET LENGKAP: Abdullah Azwar Anas, ‘paket lengkap’ yang dinilai paling layak memimpin Surabaya pasca kepemimpinan Risma. | Foto: Barometerjatim.com/NATHA LINTANG

SURABAYA, Barometerjatim.com – Sejumlah sosok berebut menonjolkan dirinya untuk menjadi kandidat di Pilwali Surabaya 2020. Ada yang terlihat masih setengah hati, tapi ada pula yang melampaui ekspektasi meski hajatan masih dua tahun lagi.

Lantas, sosok bagaimana yang sebenarnya dibutuhkan untuk memimpin Surabaya pasca Tri Rismaharini?

Bagi Direktur Utama Surabaya Survey Center (SSC), Mochtar W Oetomo, Surabaya pasca Risma — sapaan Tri Rismaharini — membutuhkan sosok sekelas Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

• Baca: Pilwali Surabaya 2020, PKB Belum Selesai di Fandi Utomo

“Kalau mau ngomong jujur, Anas itu kan ‘paket lengkap’ sebenarnya. Di luar kita bicara case yang dialaminya di Pilgub lalu ya,” katanya pada Barometerjatim.com di Surabaya, Senin (26/11).

Anas, menurut Mochtar, terbukti sukses membangun karakter Banyuwangi sebagai kabupaten budaya dan wisata yang diakui seluruh dunia.

“Artinya dia memiliki kepekaan kultural, budaya, religi, ekonomi maupun sosiologis. Jadi Banyuwangi itu hampir semua sisi tersentuh,” katanya.

• Baca: Kandidat Jangan Terjebak Narasi Seolah-olah Risma Sempurna

Adakah sosok yang beredar saat ini kapasitasnya sekelas Anas? “Menurut saya belum ada yang sekelas Anas, baik dari segi umur maupun kapasitasnya,” katanya.

Namun soal pengerucutan nama, menurut Mochtar, partai-partai baru akan memunculkan usai Pemilu 2019.  SSC, hingga kini juga belum melakukan survei apapun terkait Pilwali Surabaya 2010. “Masih terlalu jauh,” tandasnya.

Seperti diberitakan, sejumlah nama disebut-sebut bakal maju di Pilwali Surabaya. Dari nama yang beredar, Fandi Utomo dari PKB terlihat paling gencar mempromosikan diri. Sebaliknya, PDIP sebagai parpol utama di Surabaya masih terlihat ‘adem-ayem’.

» Baca Berita Terkait Pilwali Surabaya, Azwar Anas