Senin, 05 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Parpol Pilihan Warga Jatim, Survei ARCI: PKB Teratas, Gerindra Tempel Ketat PDIP

Berita Terkait

TIGA BESART: PKB menjadi Parpol pilihan terbanyak warga Jatim, disusul PDIP dan Gerindra. | Sumber Data: ARCI
TIGA BESAR JATIM: PKB menjadi Parpol pilihan terbanyak warga Jatim, disusul PDIP dan Gerindra. | Sumber Data: ARCI
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – PKB berpeluang menggeser PDIP dari takhta partai politik penguasa Jatim di Pileg 2024. Setidaknya, hal itu tergambar dari hasil survei Accurate Research and Consulting Indonesia (ARCI) yang dirilis di Surabaya, Kamis (12/5/2022).

Survei ARCI dilakukan pada 11-25 April 2022. Populasi survei yakni seluruh warga Jatim yang punya hak pilih dan dipilih 1.200 responden secara rendom (multistage rabdom sampling) dengan margin of error kurang lebih 3 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Hasilnya, PKB teratas dengan elektabilitas 19,9%. PDIP yang merupakan pemenang Pemilu 2019 di Jatim berada di posisi kedua (16,2%), disusul Gerindra (14,9%), Golkar (10,1%), Demokrat (7,6%), dan Nasdem (6,9%).

Di bawahnya menyusul PPP (5,5%), PAN (3,2%), PKS (2,7%), Perindo (1,9%), Hanura (1,4%), PSI (0,5%), Berkarya (0,25%), dan 8,95% lainnya tidak tahu/tidak menjawab.

“PKB masih teratas, bersaing ketat dengan PDIP di peringkat kedua dan Gerindra di peringkat ke-3, ini sewaktu-waktu berpeluang mendekati,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt.

Menurut Baihaki, faktor utama PKB berada di peringkat pertama yakni kedekatan partai dengan basis Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim. Di sisi lain, PDIP patut mewaspadai Gerindra.

“Gerindra ini luar biasa sosialisasinya saat ini. Di bawah pimpinan Anwar Sadad, salah satunya Gerindra ini sangat masif turun ke bawah, juga sering mendapat porsi pemberitaan di Jatim,” jelasnya.

Gerindra, lanjut Baihaki, bertarung ketat dengan PKB di wilayah Tapal Kuda, ”Berebut suara Nahdliyin,” tandasnya.

Di Dapil 2 (Kota dan Kabupaten, Pasuruan, Kota dan Kabupaten Pronbolinggo) PKB teratas dengan 20,2% disusul Gerindra 17,1%. Di Dapil 4 (Jember dan Lumajang), Gerindra berada di posisi kedua (17,8%) mengalahkan PKB (13,2%), sedangkan pemenang di Dapil ini yakni Nasdem (17,9%).

» Baca berita terkait Survei. Baca juga tulisan terukur lainnya Abdillah HR.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -