Gus Sadad Tanggapi Pengasuh Ponpes Lirboyo Pilih Amin: Itu Tak Hapus Fakta Pernah Dukung Prabowo-Gibran!

| -
Gus Sadad Tanggapi Pengasuh Ponpes Lirboyo Pilih Amin: Itu Tak Hapus Fakta Pernah Dukung Prabowo-Gibran!
BIASA SAJA: Anwar Sadad, tanggapi positif pilihan dukungan kiai pesantren di Pilpres. | Foto: Barometerjatim.com/ROY

SURABAYA | Barometer Jatim – Ketua DPD Partai Gerindra Jatim, Dr Anwar Sadad menanggapi positif fenomena dukungan kiai pesantren di Pilpres 2024. Termasuk Pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Lirboyo Kediri yang juga Rais Syuriyah PWU Jatim, KH Anwar Manshur memilih mendukung pasangan Capres-Cawapres nomor urut 1, Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

“Fenomena adanya dinamika dukungan tokoh-tokoh kiai Ponpes ke Capres, saya menanggapinya sebagai hal positif. Hal itu merupakan bagian dari dinamika dan memberikan pilihan-pilihan atau opsi kepada masyarakat, termasuk apa yang terjadi misalnya Rais Syuriyah PWNU Jatim memberikan dukungan kepada paslon tertentu,” ujarnya, Rabu (20/12/2023).

Namun, tandas keluarga Ponpes Sidogiri, Pasuruan yang akrab disapa Gus Sadad tersebut, “Hal itu tidak menghapus fakta, bahwa beliau juga dalam beberapa kali kesempatan memberikan dukungan kepada paslon nomor 2, Prabowo-Gibran di beberapa kali pertemuan.”

| Baca juga:

Meski sekarang Kiai Anwar Manshur berlabuh ke pasangan Amin, Sadad juga memandang hal itu biasa saja. Apalagi para kiai pesantren, dalam tradisi fiqih ada pendapat Imam Syafi’i terkait qaul qadim adalah qaul jadid.

Qoul jadid, pendapat yang baru tidak membatalkan pendapat yang lama atau qoul qodim. Bahkan itu, bagi saya, memberikan ruang yang terbuka sekaligus menunjukkan bahwa politik ini ya wilayah ijtihadi dimana salah dan benar tidak ditentukan hari ini,” jelasnya.

“Justru ini menunjukkan kepada publik,  bahwa pilihan yang telah diambil oleh masyarakat atau Nahdliyin (warga NU) bisa mendapatkan referensi lah dari kiai-kiai panutan umat,” sambung politikus yang juga Wakil Ketua DPRD Jatim tersebut.

| Baca juga:

Sebelumnya, Sabtu (16/12/2023), keluarga besar Ponpes Lirboyo melalui dua pengasuh utama, KH Anwar Manshur dan KH Abdullah Kafabihi Mahrus secara terbuka menyampaikan dukungan kepada pasangan Amin.

"Mari bersama-sama membulatkan tekad memenangkan Muhaimin Iskandar. Kalau kita ini bersatu Insyaallah akan mempermudah. Warga NU itu banyak, kalau bersama-sama insyaallah menang,” kata Kiai Anwar Manshur.

“Semoga Muhaimin akan selalu dibersamai oleh Allah Swt untuk menjadi Wapres. Itu yang paling penting ya. Mari bismillah, takwa kita jaga," imbuhnya.{*}

| Baca berita Pilpres 2024. Baca tulisan terukur Roy Hasibuan | Barometer Jatim - Terukur Bicara Jawa Timur

Simak berita terukur barometerjatim.com di Google News.