Nasdem Target 40 Kursi DPR RI di Jawa, 14 Kursi dari Jatim

Songsong Pileg, Surya Paloh beri semangat Caleg dan kader Nasdem. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Songsong Pileg, Surya Paloh beri semangat Caleg dan kader Nasdem. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua Umum DPP Partai Nasdem, Surya Paloh mematok target perolehan kursi DPR RI dari Pulau Jawa lebih sedikit ketimbang luar Jawa. Dari total target 100 kursi secara nasional, hanya 40 kursi dari Jawa.

“Untuk di Jawa ini saya enggak berharap banyak, dapat 40 kursi cukup!” katanya usai menghadiri Konsolidasi Caleg dan Kader Partai Nasdem Jatim di Kantor Bappilu DPW Partai Nasdem Jatim, Surabaya, Sabtu (9/2/2019).

Mengapa? “Pertama, Dapilnya lebih besar di luar Jawa. Di sini kan hanya 39 Dapil, di luar Jawa ada 41. Kedua, memang penerimaan Nasdem di luar Jawa jauh lebih besar dibanding dengan Pulau Jawa,” jelasnya.

Sementara dari target 40 kursi di Jawa, Surya berharap banyak dari Dapil Jatim. “Saya harapkan dan saya penuh keyakinan Jatim mampu memberikan sumbangsih, perolehan kursi yang relatif cukup besar dibanding wilayah lainnya di Pulau Jawa,” katanya.

Berapa target perolehan kursi DPR RI dari Jatim? “Kalau dari 11 Dapil saya pikir paling tidak ya ada 14, dikit-dikitnya,” tandas Bos Media Group tersebut.

Tugas Khusus Hasan

Hasan Aminuddin (dua dari kiri), ditarget tiga kursi DPR RI di Dapilnya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Hasan Aminuddin (dua dari kiri), ditarget tiga kursi DPR RI di Dapilnya. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs

Demi memenuhi target, Surya meminta dari setiap Dapil di Jatim minimal mendapat satu kursi DPR RI. “Tidak boleh ada satu pun Dapil yang kosong, dan harus ada beberapa Dapil yang lebih dari satu,” katanya.

Dapil Jatim mana saja yang ditarget mendapat lebih dari satu kursi? Di antaranya Dapil Jatim II meliputi Kabupaten dan Kota Pasuruan, serta Kabupaten dan Kota Probolinggo.

“Saya menugaskan Dapilnya Hasan Aminuddin, karena beliau adalah Ketua DPP untuk mendapatkan tiga kursi,” pinta Surya, sementara Hasan yang mantan bupati Probolinggo dua periode itupun langsung berdiri dan tersenyum.

Terkait target di Jatim, Ketua DPW Partai Nasdem Jatim, Sri Sajekti Sudjunadi menuturkan, pihaknya optimistis bisa meraih minimal 11 kursi DPR RI di wilayah kerja yang dipimpinnya.

“Target itu realistis. Saat ini Partai Nasdem dalam kondisi solid dan memiliki modal yang cukup dari Pemilu sebelumnya,” katanya.•

» Baca Berita Terkait Nasdem, Surya Paloh