Voting! Demokrat Jatim Tegas Dukung Jokowi di Pilpres 2019

DEMOKRAT JATIM DUKUNG JOKOWI: Voting internal Demokrat Jatim, mayoritas pengurus dan anggota DPRD mendukung Jokowi di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DEMOKRAT JATIM DUKUNG JOKOWI: Voting internal Demokrat Jatim, mayoritas pengurus dan anggota DPRD mendukung Jokowi di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rapat Koordinasi Daerah (Rakorda) Partai Demokrat Jatim di Surabaya, Sabtu (21/7), diwarnai pemungutan suara dukungan bakal calon presiden di Pilpres 2019. Pilihannya hanya dua: Joko Widodo (Jokowi) atau Prabowo Subianto.

Voting diikuti seluruh anggota Fraksi Partai Demokrat di DPRD, baik tingkat kabupaten/kota maupun provinsi, 38 ketua DPC, serta lima perwakilan DPD Jatim. Hasilnya, Jokowi meraih dukungan telak dengan 152 suara, Prabowo 56 suara dan enam suara lainnya dinyatakan tidak sah. Tegas! Mayoritas mendukung Jokowi di Pilpres 2019.

Sekretaris DPD Partai Demokrat Jatim, Renville Antonio menuturkan, hasil pemungutan suara di internal Demokrat Jatim ini, selanjutnya akan dilaporkan ke DPP untuk menjadi pertimbangan dalam mengusung Capres.

• Baca: Soekarwo Ikut Pilihan Khofifah: Dukung Jokowi Dua Periode

“Akan langsung diserahkan Ketua DPD, Pakde Karwo. Dalam waktu dekat Pakde Karwo akan ke Jakarta, untuk melaporkan arah dukungan DPD Partai Demokrat Jatim pada Pilpres 2019 yang diambil berdasarkan pemungutan suara ini,” kata Renville.

Sebelumnya, Pakde Karwo juga memberikan dua pertimbangan agar DPP mengusung Jokowi di Pilpres 2019. Pertama, Gubernur Jatim terpilih yang diusung Demokrat, Khofifah Indar Parawansa sudah menyatakan dukungannya untuk Jokowi usai memenangi Pilgub Jatim.

Kedua, PKB sudah memutuskan mendukung Jokowi, maka tidak ada lagi alternatif poros ketiga. “Katakanlah Gerindra dengan PKS, sisanya itu tidak cukup 20, Demokrat dengan PAN ndak cukup. Kan sudah ngumpul, terakhir Cak Imin ke Jokowi,” tandas Pakde Karwo.