Molor di 2019, Tes CPNS Akan Digelar Dua Kali di 2020

TES CPNS JATIM: Anom Surahno, Pemprov Jatim gelar dua kali tes CPNS di 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
TES CPNS JATIM: Anom Surahno, Pemprov Jatim gelar dua kali tes CPNS di 2020. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Anom Surahno memastikan penyelenggaraan tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) perekrutan 2019 ditunda.

Menurutnya, pemerintah pusat hanya menjadwalkan proses pendaftaran dan seleksi, sedangkan tes baru dilaksanakan tahun depan.

“Petimbangan Kemenpan RB (Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi), masih menunggu pelantikan presiden dan menteri,” kata Anom di kantornya, Gedung BKD Jatim, Siwalankerto, Surabaya, Jumat (11/10/2019).

“Artinya, apakah ada lembaga/kementerian yang dimerger atau ada perubahan nomenklatur, itu kan berpengaruh pada analisa jabatan dan analisa beban kerja,” sambungnya.

Nah, setelah penetapan kabinet, lanjut Anom, Kemenpan RB baru menerbitkan formasi yang diperkirakan akhir Oktober 2019. Lalu November 2019 diselenggarakan pendaftaran, dan Desember seleksi administrasi.

“Kemudian Februari 2020 baru pelaksanaan TKD (Tes Kompetensi Dasar) CAT (Computer Assisted Test) untuk CPNS 2019. Jadi mundur, nanti kita akan mempersiapkan itu, ada 2.185 formasi untuk Jatim,” terangnya.

Selain tes CPNS perekrutan 2019, tahun depan juga akan digelar CPNS perekrutan 2020 pada September. “Jadi di 2020 nanti ada dua kali penerimaan, total 4.374 formasi,” jelas Anom.

Bagaimana dengan anggaran yang sudah disiapkan untuk pelaksanaan CPN perekrutan 2019?

“Ya mundur, dikembalikan, kita gunakan di 2020,” ucapnya. Besaran anggaran? “Rp 8 miliar berapa gitu, termasuk untuk sewa komputer dan lainnya,” tandasnya.

» Baca Berita Terkait BKD Jatim, CPNS