Mantan Aktivis 98 Bergandengan Tangan Menangkan Jokowi

DUKUNG JOKOWI-MA'RUF: Mantan aktivis 98 dari 20 elemen massa mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin di Pilpres 2019. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DUKUNG JOKOWI-MA’RUF: Mantan aktivis 98 dari 20 elemen massa mendeklarasikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di Surabaya, Sabtu (13/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Mantan aktivis 1998 bersama 20 elemen massa berkumpul di Surabaya, Sabtu (13/10). Mereka kembali bergandengan tangan! Bukan untuk melawan rezim tirani, tapi melebur dalam Komunitas Relawan Jawa Timur (KRJT) demi memenangkan pasangan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019.

Layaknya suasana reformasi 1998, secara bergantian, mereka melakukan orasi di panggung. Setelahnya, menggelar deklarasi dukungan dilanjut peresmian Rumah Bersama Pelayan Rakyat dan Sekretariat Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT) di Jalan Manyar Rejo IV/19, Surabaya.

Ke-20 elemen massa tersebut yakni Seknas Jokowi, Bara JP, Kornas, JNIB, Rejo, Syarekat 98, Forkom Relawan Jokowi, Jo-Wo, Komunitas Alumni Perguruan Tinggi (KAPT), Relawan JIM, Grasi Jatim, Repdem Jatim, Almisbat, Projo, Jaman, ASFN, ARJ, Mapan, Jarpek dan PAB Jatim.

• Baca: Menangkan Jokowi, Mesin Khofifah Bergerak di 34 Provinsi

Ketua KAPT Jatim, Ermawan Wibisono menuturkan, para mantan aktivis ’98 ini memberikan dukungan karena Joko Widodo (Jokowi) dinilai teruji dalam kepemimpinannya. Bahkan mampu membawa bangsa ini menjadi lebih baik, bermartabat, berdaulat dan berdikari.

“Maka sudah barang tentu Nawacita yang sudah digagas dan dilaksanakan Presiden Jokowi pada periode sebelumnya, perlu dilanjutkan dan diperkuat pada periode mendatang,” kata Ermawan.

“Kami merasa terpanggil untuk membantu, membumikan dan mengawal pelaksanaan Nawacita, penguatan kelembagaan hingga solusi teknologi tepat guna untuk menyelesaikan problem-problem riil di masyarakat.”

• Baca: Dua Alasan Mengapa Mantan Waka BIN Dukung Jokowi

Selain itu, KRJT melalui Rumah Bersama Pelayan Rakyat, akan memberi perhatian pada isu-isu strategis. Termasuk di dalamnya masalah maritim, penguatan SDM, lingkungan, kebencanaan, industri kreatif dan sebagainya.

“Kami mengajak seluruh lapisan masyarakat untuk bergotong royong memenangkan pasangan Jokowi-Maruf,” ajak mantan aktivis Forum Komunikasi Mahasiswa Surabaya (FKMS) tersebut.

Target Kemenangan 70 Persen

ORASI MANTAN AKTIVIS: Bambang J Pramono, salah seoranf aktivis 98 saat memberikan orasi dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf, Sabtu (13/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
ORASI MANTAN AKTIVIS: Bambang J Pramono, mantan aktivis 98 saat memberikan orasi dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf, Sabtu (13/10). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Soal target, KRJT mematok kemenangan 70 persen kemenangan Jokowi-Ma’ruf di Jatim. Mereka mengaku siap bekerja keras untuk mewujudkannya, dengan membangun jaringan KRJT yang diklaimnya kumpulan para intelektual dan profesional di berbagai bidang keahlian serta kelompok.

Target 70 persen ini, sebenarnya bukan hanya dipatok KRJT. Tapi juga Tim Kampanye Daerah (TKD) yang diketuai mantan Kapolda Jatim, Irjen Pol (Purn) Machfud Arifin.

• Baca: Pakde Karwo Restui Namanya Dipakai Mendukung Jokowi

Begitu pula dengan Jaringan Kiai Santri Nasional (JKSN) yang dimotori Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa. Bedanya, JKSN tak hanya terkonsentrasi di Jatim karena jaringan yang berbasis NU kultural ini skupnya nasional.

» Baca Berita Terkait Jokowi-Ma’ruf Amin, JKSN, Pilpres 2019