Pakde Karwo Restui Namanya Dipakai Mendukung Jokowi

MAKIN DEKAT KE JOKOWI: Pakde Karwo, pasca 12 Februari 2019 memastikan dukungan untuk Jokowi-Ma'ruf Amin? | Foto: Barometerjatim.com/NANTHA LINTANG
MAKIN DEKAT KE JOKOWI: Pakde Karwo, pasca pensiun sebagai gubernur Jatim memastikan dukungan untuk Jokowi-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019? | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Arah dukungan Ketua DPD Partai Demokrat yang juga Gubernur Jatim, Soekarwo di Pilpres 2019 mulai terbuka. Bisa jadi bukan mengikuti keputusan Parpolnya yang mengusung Prabowo-Sandiaga, tapi lebih memilih Jokowi-Ma’ruf Amin.

Hal itu terlihat dari sikap Pakde Karwo, sapaan akrab Soekarwo, yang tak mempermasalahkan namanya dipakai relawan pendukungnya untuk mendeklarasikan dukungan terhadap Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ya enggak apa-apa. Iku konco-koncoku, dan haknya pribadi yo oleh ae (Itu teman-teman saya dan haknya ya boleh saja),” kata Soekarwo usai Launching Hari Jadi ke-73 Provinsi Jatim di halaman kantor Gubernur Jatim, Jalan Pahlawan 110 Surabaya, Senin (8/10).

• Baca: Menangkan Jokowi, Mesin Khofifah Bergerak di 34 Provinsi

Meski demikian, Pakde Karwo belum memutuskan bergabung dengan relawan yang diberi nama Jo-Wo (Jokowi-Ma’ruf Amin-Soekarwo) tersebut, karena jabatannya sebagai gubernur Jatim baru berakhir 12 Februari 2019.

Apakah pasca pensiun sebagai gubernur Jatim akan bergabung mendukung Jokowi-Ma’ruf di Pilpres 2019? “Itu nanti, ndak bisa dipikir sekarang,” elaknya.

Pakde Karwo memang masih mengelak, namun Koordinator Relawan Jo-Wo, Martono sudah memastikan kalau gubernur kelahiran Madiun itu akan mendukung Jokowi-Ma’ruf usai pensiun.

• Baca: Yenny Pilih Jokowi Demi ‘Rebut’ PKB? Pengamat: Masuk Akal!

“Nanti setelah pensiun pada Februari 2019, Pakde akan turun langsung gantikan saya,” katanya usai meresmikan Rumah Pemenangan Jo-Wo, Minggu (7/10) lalu. “Sekarang hanya bisa memberi saran dan masukan ke kami untuk pemenangan Pak Jokowi di Jatim,” tambahnya.

Di sisi lain, mantan Gubernur Jatim, Imam Utomo yang juga Penasihat Tim Kampanye Daerah (TKD) Jokowi-Ma’ruf wilayah Jatim mengatakan, bergabungnya komunitas Soekarwo ini akan menjadi kekuatan tersendiri.

• Baca: Dukungan JKSN Sanggah Segala Isu Miring tentang Jokowi

Imam optimistis semua eleman pendukung Pakde Karwo di daerah akan bergerak secara sistematis dam masif untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf.

“Apalagi mereka bergerak ini sudah dan mendapat dukungan langsung dari Pakde Karwo,” tandas Imam.