Kunjungi Basis PDIP, Prabowo Disambut #2019GantiPresiden

PRABOWO DISAMBUT HANGAT: Prabowo Subianto mendapat sambutan hangat dari masyarakat Blitar, beberapa di antaranya berkaus #2019GantiPresiden. | Foto: IST
PRABOWO DISAMBUT HANGAT: Prabowo Subianto mendapat sambutan hangat dari masyarakat, beberapa di antaranya berkaus #2019GantiPresiden, di area Makam Bung Karno di Blitar. | Foto: IST

BLITAR, Barometerjatim.com – Usai mengunjungi Sidoarjo, Jumat (4/5) hari ini Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto melanjutkan safari politiknya ke Blitar. Di wilayah yang dikenal sebagai basis PDIP itu, Prabowo melakukan ziarah ke makam Bung Karno (BK). Turut serta putri Bung Karno, Rachmawati Soekarnoputri.

Kehadiran Prabowo sekitar pukul 09.25 WIB tak hanya disambut puluhan kader Partai Gerindra yang sudah menunggunya sejak pukul 06.00 WIB, tapi juga sejumlah kelompok masyarakat yang mengenakan kaus bertuliskan #2019GantiPresiden.

Satu jam lebih di pusara Bung Karno, Prabowo terlihat khidmat mengikuti doa yang dipanjatkan juru kunci makam. Sementara Rachmawati terlihat sesekali menyeka air mata sambil duduk di kursi roda.

• Baca: Logistik Siap! Prabowo Tak Akan ‘Lempar’ Mandat Capres

Usai ziarah, Prabowo menuturkan kedatangannya ke Blitar dan ziarah ke Makam Bung Karno atas ajakan Racmawati. “Ini atas ajakan Ibu Rachmawati. Di sini merupakan makam pendiri bangsa, founding father,” katanya.

“Menurut saya ini budaya yang baik, tradisi yang baik bagi generasi bangsa untuk menghormati para pendiri bangsanya,” tandasnya.

Prabowo akan melakukan safari politik di Jatim selama empat hari, 3-6 Mei. Kunjungannya ini menyusul beberapa Ketum Parpol yang terlebih dahulu ke Jatim, di antaranya Airlangga Hartarto (Partai Golkar), Susilo Bambang Yudhoyono (Partai Demokrat) serta Zulkifli Hasan (PAN).

MAKAM PENDIRI BANGSA: Prabowo Subianto didampingi putri Bung Karno, Rachamawati dan pengurus Gerindra Jatim ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar, Sabtu (4/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
MAKAM PENDIRI BANGSA: Prabowo Subianto didampingi putri Bung Karno, Rachmawati dan pengurus Gerindra Jatim ziarah ke Makam Bung Karno di Blitar, Sabtu (4/5). | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Mantan Danjen Kopassus itu tiba di Bandara Juanda Surabaya, Kamis (3/5) sekitar pukul 14.30 WIB. Kehadirannya disambut pengurus DPD Partai Gerindra Jatim, di antaranya Soepriyatno (ketua) dan Anwar Sadad (sekretaris).

Dari Bandara Juanda, Prabowo mengawali safarinya dengan membesuk pengasuh Pondok Pesantren (Ponpes) Al Ishlah Bondowoso, KH Muhammad Ma’shum yang dirawat di RS Delta Surya, Sidoarjo.

• Baca: Gerindra: Romi ‘Kebesaran Baju’ untuk Dampingi Prabowo

Sekitar 1,5 jam Prabowo berada di dalam ruangan Super VIP RS Delta Surya dengan penjagaan ketat. “Aku menengok ustadz saya, guru saya. Beliau ustadz, kiai yang selalu mendoakan kita dan saya anggap sesepuh saya dan orangtua saya,” ujarnya usai membesuk.

Selain Sidoarjo dan Blitar, Prabowo diagendakan berkunjung ke Nganjuk untuk melakukan pertemuan dengan kader Gerindra, serta menghadiri haul di Ponpes Sunan Drajat, Paciran Lamongan. Puncaknya, Minggu (6/5), menghadiri apel dan pengukuhan Laskar Divisi Raden Wijaya di Prigen,  Pasuruan.