KPU Jatim Mulai Rekapitulasi Suara, Surabaya Tersendat!

KPU Jatim mulai melakukan rekapitulasi Pemilu 2019. | Foto: Barometerjatim.com/natha lintang
KPU Jatim mulai gelar rekapitulasi suara Pemilu 2019. | Foto: Barometerjatim.com/natha lintang

SURABAYA, Barometerjatim.com – Rekapitulasi penghitungan suara Pemilu 2019 tingkat Jatim dimulai, Minggu (5/5/2019) hari ini hingga 9 Mei mendatang. Dari 38 kabupaten/kota, hanya Kota Surabaya yang belum menyerahkan hasil rekapitulasinya.

“Per detik ini, kita masih menyisakan Kota Surabaya dan kita lakukan secara beririsan,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jatim, Choirul Anam.

Artinya, KPU Surabaya tetap melanjutkan penghitungan suara yang belum selesai, sedangkan KPU Jatim sembari menunggu tetap melakukan penghitungan sampai tuntas hingga 9 Mei.

Anam menambahkan, untuk rekapitulasi hari ini ada tujuh kota, yakni Kediri, Blitar, Pasuruan, Mojokerto, Kota Madiun, Batu, dan Probolinggo. “Hari ini kita persiapkan ada tujuh kota yang akan kita lakukan proses rekap,” ucapnya.

Dilanjut Senin (6/5/2019) besok, Kabupaten Nganjuk, Ngawi, Bojonegoro, Tuban, Lamongan, Gresik, Lumajang, dan Pacitan. Berikutnya, Selasa (7/5/2019), yakni Kabupaten Trenggalek, Tulungangung, Blitar, Kediri, Bondowoso, Ponorogo, Jember, dan Banyuwangi.

Lalu Rabu (8/5/2019) giliran Kabupaten Situbondo, Probolinggo, Pasuruan, Sidoarjo, Mojokerto, Jombang, Kabupaten Madiun, dan Magetan. Kemudian di hari terakhir, Kamis (9/5/2019) yakni Kabupaten Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep, Kota dan Kabupaten Malang, serta Kota Surabaya.

“Selesai di Jatim, kita akan langsung melakukan proses rekapitulasi di tingkat nasional,” terang Anam.

Dia berharap, proses rekapitulasi suara di KPU Jatim bisa selesai tanpa harus  menunggu sampai 9 Mei. “Lebih cepat lebih baik. Jika tiga hari selesai ya kita lakukan tiga hari,” tandasnya.•

» Baca Berita Terkait Pemilu 2019, KPU Jatim