KKN di Masa Corona, Mahasiswa Untag Turut Sosialisasi Prokes!

KKN DI MASA CORONA: Mahasiswa KKN Untag melakukan pendampingan belajar pada anak SD. | Foto: Barometerjatim.com/ARLANA CW
KKN DI MASA CORONA: Mahasiswa KKN Untag melakukan pendampingan belajar pada anak SD. | Foto: Barometerjatim.com/ARLANA CW

SURABAYA, Barometerjatim.com – Di masa pandemi Covid-19, Universitas 17 Agusutus 1945 (Untag) Surabaya melalui LPPM (Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat) tetap menggelar Kuliah Kerja Nyata (KKN). Kali ini pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan di kawasan Bulak Rukam Timur, Surabaya.

Dalam kegiatan KKN tersebut, para mahasiswa diwajibkan melakukan seluruh kegiatan secara mandiri dan tidak berkelompok seperti biasanya, termasuk menyusun tema acara KKN secara individu.

Efrem Cristianto, salah seorang mahasiswa Untag Jurusan Administrasi Niaga FISIP yang didampingi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Dida Rahmadanik menjelaskan kegiatan KKN ini digelar dalam rangka melakukan pertumbuhan pendidikan terhadap anak-anak sekolah dasar yang mengalami kesulitan belajar di kala pandemi.

“Saya melakukan pendampingan belajar pada adik-adik sekolah dasar dan membentuk kelompok belajar, yang mana kelompok belajar ini dapat bermanfaat setelah program KKN ini selesai,” tuturnya, Rabu (6/1/2021).

Efrem dan DPL, bertugas membantu anak-anak setempat yang mengalami sedikit kendala dalam mengikuti program belajar daring yang telah ditetapkan pemerintah selama masa pandemi.

Selain pendidikan, kegiatan juga berfokus pada penguatan kesehatan, dan rupanya masih banyak warga yang kurang paham akan protokol kesehatan (Prokes) seperti memakai masker saat keluar rumah dan mencuci tangan sehabis berpergian atau dari kerumunan.

Bekerja sama dengan Ketua RT Candra Kristanto serta Ketua kartar Muhammad Zulfikar, mahasiswa KKN Untag juga menggelar seminar tentang langkah-langkah atau yang harus diterapkan dalam bersosialisasi antara satu individu dengan lainnya.

Tidak lupa juga pemberian perlengkapan new normal berupa bak cuci tangan dan masker kepada masyarakat, agar dapat membantu memutus tali penyebaran virus Covid-19.

Sementara itu ​Zulfikar sangat berterima kasih kepada Untag, khususnya Efrem yang telah memberikan pengarahan dan bantuan kepada masyarakat Bulak Rukem Timur. Harapannya akan timbul kesadaran lebih mengenai kebiasaan bersosial di era new normal.

“Harapan saya setelah KKN ini, warga jadi patuh akan protokol kesehatan untuk kemanan individu serta keluarganya,” pungkas Efrem.

» Baca Berita Terkait Kampus