Kisah Pilu Seorang Warga Lamongan 30 Tahun Lumpuh

30 TAHUN LUMPUH: Kasminah, warga Lamongan, 30 tahun lumpuh dan hidup dengan belas kasihan tetangga. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
30 TAHUN LUMPUH: Kasminah, warga Lamongan, 30 tahun lumpuh dan hidup dengan belas kasihan tetangga. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

LAMONGAN, Barometerjatim.com – Nasib pilu dialami Kasminah, warga Desa Patihan, Kecamatan Babat, Kabupaten Lamongan. Wanita 50 tahun itu menjalani hidup sebatang kara dalam kondisi lumpuh sejak 30 tahun lalu.

Kondisi Kasminah yang memprihatinkan ini diketahui saat komunitas sosial Berbagi Ikhlas (Berkas) Lamongan mengunjungi rumahnya sekaligus memberikan bantuan.

“Saya lumpuh sudah lama sekali, 30 tahun lalu sejak masih bersuami, karena jatuh di kamar mandi terus enggak bisa berdiri,” kata Kasminah lirih saat ditemui di rumahnya, Minggu (20/5).

• Baca: Perangi Terorisme, Tokoh Agama Diminta Berperan Aktif

Sedihnya lagi, tutur Kasminah, saat dirinya dalam kondisi lumpuh dan tak bisa bergerak bebas pasca terjatuh dari kamar mandi, sang suami justru meninggalkannya begitu saja.

Kasminah pun hidup sebatang kara. Selain tidak dikaruniahi anak, sanak saudara tak ada yang peduli dengan kondisinya. Kondisi lumpuh membuatnya praktis tak bisa bergerak bebas melakukan aktivitas sehari-harinya tanpa bantuan dan belas kasihan tetangga.

Kastin, tetangga Kasminah, mengaku kasihan melihat tetangganya yang tidak bisa melakukan aktivitas sendiri karena lumpuh dan menderita penyakit diabetes.

• Baca: Jaringan Pelaku Bom Surabaya dalam Analisa Adik Amrozi

Sehingga, setiap hari dirinya bergantian dengan tetangga lainnya yang peduli untuk membersihkan rumah Kasminah, termasuk membuang kotorannya dan menyiapkan kebutuhan sehari-hari.

“Kalau masak makanan saya bantu, kalau cuci pakaian biasanya sendiri dan saya tinggal bantu jemur,” kata Kastin, sembari membantu Kasminah bangun dari tempat tidurnya.

Keluarga Tak Peduli

LUMPUH DAN DITINGGAL SUAMI: Kasminah, dalam kondisi lumuh malah ditinggalkan suaminya pergi begitu saja. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR
LUMPUH DAN DITINGGAL SUAMI: Kasminah, dalam kondisi lumuh malah ditinggalkan suaminya pergi begitu saja. | Foto: Barometerjatim.com/HAMIM ANWAR

Kepala Desa Patihan, Hadi Kuswanto membenarkan kalau warganya tersebut lumpuh sejak puluhan tahun lalu dan tidak ada keluarga yang merawatnya.

Hadi menambahkan, pihak pemerintahan desa sebenarnya sudah menginisiasi untuk membawa Kasminah berobat ke rumah sakit, namun tidak ada keluarganya yang mau menjaga.

“Pernah kita mau bawa ke rumah sakit, kan yang bersangkutan juga sudah memiliki KIS (Kartu Indonesia Sehat). Tapi kerabatnya tidak ada yang mau menjaganya, dan punya saudara juga sudah lama putus komunikasi,” terangnya.

• Baca: Rangkul Semua Ormas, DMI Lamongan Bentuk Ornom Baru

Lantaran tidak ada keluarga yang mau menjaga, tambah Hadi, akhirnya pihak desa hanya bisa membantu Kasminah melalui bidan desa untuk mengecek kondisi kesehatannya secara berkala di rumah.

Hadi juga berterima kasih atas kepedulian dari komunitas sosial di Lamongan yang sudah membantu warganya tersebut. “Terima kasih sudah membantu warga kami, Ibu Kasminah,” pungkasnya.