Kiai Sentral NU Dukung Khofifah, Mesin PKB Makin ‘Tergerus’

PILIH KHOFIFAH: KH Taufiqurrachman, lebih memilih Khofifah meski Parpolnya, PKB mengusung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
PILIH KHOFIFAH: KH Taufiqurrachman, lebih memilih Khofifah meski Parpolnya, PKB mengusung Gus Ipul di Pilgub Jatim 2018. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SUMENEP, Barometerjatim.com – Satu persatu kiai struktural Nahdlatul Ulama (NU) dan sesepuh Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menyatakan sikap terbuka mendukung pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak di Pilgub Jatim 2018.

Setelah Ketua Dewan Syuro DPC PKB Kabupaten Gresik, KH Robbach Maksum, kini giliran Dewan Penasihat PKB Kabupaten Sumenep, KH Taufiqurrachman FM melakukan langkah serupa. Situasi ini sangat berpotensi menggerus mesin PKB untuk memenangkan Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno.

Bagi Taufiq — sapaan akrabnya — yang juga Rais Syuriyah PCNU Sumenep, Jatim membutuhkan Khofifah yang dinilai lebih siap dalam memberantas kemiskinan, menjalankan amar makruf nahi munkar serta memiliki kapabilitas lebih dibanding Saifullah Yusuf (Gus Ipul).

• Baca: Ogah Gus Ipul, Ketua Dewan Syuro PKB Gresik Pilih Khofifah

“Ya betul (Khofifah yang siap menjalankan amar ma’ruf nahi munkar). Tentang kemunkaran, Bu Khofifah lebih bisa menanggulangi permasalahan. Saya yakin,” kata Kiai Taufiq saat ditemui wartawan di Ponpes asuhannya, Mathlabul Ulum, Jambu, Sumenep, Sabtu (17/3).

“Banyak sekali di Sumenep yang harus diselesaikan, antara lain tentang pesantren. Dimana santri-santri di pesantren adalah dari orang yang lemah ekonominya dan perlu dibantu.”

Kiai Taufiq juga memuji Khofifah yang ikhlas menanggalkan jabatan menteri untuk turun mengabdi di Jatim. Sikap ini membuat Kiai Taufiq menegaskan dukungannya dan siap menyosialisasikan berbagai program yang ditelorkan murid KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) tersebut.

“Saya tahu sepak terjang beliau karena saya juga di PKB, dan semoga Allah mengabulkan apa yang dicita-citakannya. Apalagi dengan niatan beliau ingin memperbaiki Jatim. Itu artinya saya sangat mendukung Ibu Khofifah untuk menjadi gubernur Jatim,” ungkapnya.

• Baca: Di Rumah Ketua MWCNU, Kiai Gresik Dukung Paslon Nomor 1

Soal pengalaman, Kiai Taufiq menilai Khofifah bahkan jauh lebih matang dari Gus Ipul. Justru Cagub petahana ini dinilai gagal saat menjadi wakil gubernur, karena kalah dari Gubernur Soekarwo dalam memberikan kontribusi nyata untuk masyarakat Jatim.

“Ibu dengan komitmen, konsekuennya beliau. Saya yakin beliau akan berhasil di Jatim. Lagi pula, belum tentu dengan pengetahuan Gus Ipul bisa melaksanakan ini (menyelesaikan berbagai permasalahan di Jatim),” tegasnya.

Meski demikian, tokoh sentral di Sumenep tersebut menegaskan, ikhtiar keras yang dilakukan Khofifah saat ini perlu diiringi doa bersama. “Kita berdoa khusus untuk ibu. Bulan Ramadhan ini akan umrah, saya akan khususkan berdoa untuk ibu di beberapa tempat istijabah,” pungkasnya.