Ogah Gus Ipul, Ketua Dewan Syuro PKB Gresik Pilih Khofifah

DUKUNGAN TOKOH SENTRAL: Bakal Cagub Jatim, Khofifah didampingi Ketua Dewan Syuro PKB Gresik, KH Robbach Ma'sum saat menjawab pertanyaan wartawan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DUKUNGAN TOKOH SENTRAL: Bakal Cagub Jatim, Khofifah didampingi Ketua Dewan Syuro PKB Gresik, KH Robbach Ma’sum saat menjawab pertanyaan wartawan. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

GRESIK, Barometerjatim.com – Gelombang dukungan besar mengalir deras ke pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Dardak Elestianto. Dahsyatnya lagi, kali ini datang dari Ketua Dewan Syuro DPC Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Gresik, KH Robbach Ma’sum.

Secara politik, dukungan ini sangat telak. Selain dari struktural PKB yang notabene Parpol pengusung Saifullah Yusuf (Gus Ipul)-Puti Guntur Soekarno, Kiai Robbach yang mantan bupati Gresik dua periode merupakan tokoh sentral di Gresik.

“Saya mendukung Bu Khofifah karena ideologinya, dan didukung Pak Emil yang termasuk orang top. Mudah-mudahan apa yang dicita-citakannya berhasil,” tegas Kiai Robbach usai menggelar pertemuan dengan Khofifah-Emil, Jumat (2/2).

• Baca: Wakil Ketua PKB Gresik All Out Menangkan Khofifah-Emil

Sebagai wujud konkret atas dukungannya, Kiai Robbach menggelar pengajian As-Syifa (pengajian khusus jamaah Muslimat NU) di Gresik yang dihadiri ribuan jamaah. Dan yang diundang bukan pasangan calon yang diusung partainya, Saifullah-Puti melainkan Khofifah-Emil.

“Visi Khofifah-Emil kami anggap ideal. Dari Pak Emil juga banyak info, siapa Pak Emil. Beliau merupakan lulusan (doktor) termuda dari Jepang. Saat ini, belum ada generasi muda yang pidatonya, cara berbahasanya sangat bagus seperti beliau,” puji Kiai Robbach.

Sementara terkait langkah politiknya yang memilih berseberangan dengan PKB, Kiai Robbach menjawab enteng. “Saya memilih sesuatu yang menurut saya baik dan itu tidak dilarang. Secara keagamaan pun tidak dilarang memilih yang terbaik. Tidak ada ketaatan pada yang berbuat kesalahan,” tegasnya.

DUKUNGAN TERUS MENGALIR: Khofifah, Emil Dardak dan Arumi Bachsin menyapa jamaah As-Syifa dalam pengajian di kediaman KH Robbach Ma'sum. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
DUKUNGAN TERUS MENGALIR: Khofifah, Emil Dardak dan Arumi Bachsin menyapa jamaah As-Syifa dalam pengajian di kediaman KH Robbach Ma’sum. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

Sementara Khofifah menuturkan, sosok Kiai Robbach cukup sentral di Gresik. Karena itu  dukungannya sangat penting bagi pemenangan Khofifah-Emil, khususnya di wilayah Gresik.

“Kalau kita menyapa seluruh warga Gresik pasti tidak akan kesampaian, karena yang kita sapa total ada 38 kabupaten/kota. Maka sosok-sosok influencer atau endorser menjadi sangat signifikan,” katanya.

Maka saya bersyukur, saya dan dan Mas Emil diterima Kiai Robbach Ma’sum yang di Gresik ini menjadi tokoh sentral, mudah-mudahan resonansinya akan sampai ke seluruh lapisan masyarakat dan akhirnya bosa terkonvesi dalam dukungan masyarakat Gresik kepada kami, saya dan mas-Emil,” tandas Khofifah.

• Baca: Amanat Gus Dur: Bantulah Khofifah, Dia Srikandinya NU

Sebelumnya, dukungan serupa juga diberikan Wakil Ketua DPC Gresik, KH Irsyadul Ibad. “Saya all-out mendukung Bu Khofifah. Saya yakin beliau bisa menang,” tandas pengasuh Ponpes Bumi Aswaja Gresik.

“Saya sudah berteman dengan Bu Khofifah sejak sama-sama menjadi aktivis PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia). Waktu itu saya jadi Ketua PMII di Bojonegoro dan Bu Khofifah di PMII Surabaya,” tambahnya.