Khofifah: Asian Games Sukses Angkat Martabat Indonesia

SUKSES ASIAN GAMES: Khofifah Indar Parawansa, sukses Asian Games 2018 mengangkat harga diri dan martabat bangsa di mata dunia. | Foto: Barometerjatim.com/DOK
SUKSES ASIAN GAMES: Khofifah Indar Parawansa, sukses Asian Games 2018 mengangkat harga diri dan martabat bangsa di mata dunia. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Selama Asian Games 218 berlangsung, hingga penutupan Minggu (2/9) malam, Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa turut memantau event akbar bangsa-bangsa Asia tersebut.

Menurutnya, banyak pelajaran yang bisa dipetik dari perhelatan Asian Games 2018 daripada sekadar meributkan stuntman Presiden Jokowi, lipsync pedangdut Via Vallen atau aksi buka baju pebulutangkis Jonathan Christie.

“Bagi Indonesia, Asian Games menjadi ajang untuk menunjukkan kepada dunia soal identitas bangsa yang bangga bersatu dalam perbedaan,” katanya saat ditanya wartawan di Surabaya, Senin (3/9).

• Baca: Anggaran SMA/SMK, Khofifah Tak Mau Dahului Pakde Karwo

Menurut Khofifah, sepanjang Asian Games berlangsung tidak ada sentimen suku, agama, ras dan antargolongan.

“Semua anak bangsa sepakat menanggalkan politik identitas. Dari Sabang sampai Merauke, dari Mianggas sampai Rote kompak berteriak Indonesia!” tegasnya.

Mantan Menteri Sosial itu juga mengucapkan terima kasih untuk semua atlet Indonesia yang telah berjuang, memeras keringat, sehingga mampu meraih 98 medali (31 emas, 24 perak dan 43 perunggu) dan menempatkan Indonesia di peringkat keempat.

• Baca: Khofifah Berharap dari Jatim Lahir Pelaku Startup Dunia

“Kalian sukses mengangkat harga diri dan martabat bangsa di mata dunia. Prestasi ini menambah lengkap kesuksesan Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games 2018,” ucapnya.

Khofifah juga meminta warganet agar tidak lagi saling menghujat sesama anak bangsa. “Setop saling menghujat, mari berlomba berbuat lebih produktif untuk bangsa,” pintanya.