Anggaran SMA/SMK, Khofifah Tak Mau Dahului Pakde Karwo

SEMINAR NASIONAL: Khofifah saat mengisi seminar nasional di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sabtu (1/9). | Foto: Barometerjatim.com/MARJAN AP
SEMINAR NASIONAL: Khofifah saat mengisi seminar nasional di Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, Sabtu (1/9). | Foto: Barometerjatim.com/MARJAN AP

SIDOARJO, Barometerjatim.com – Meski memastikan SPP untuk SMA/SMK se-Jatim gratis mulai 2019, Gubernur Jatim terpilih, Khofifah Indar Parawansa enggan menyebut berapa alokasi anggaran untuk pendidikan di Jatim yang menjadi kewenangan Pemprov tersebut.

“Saya ini kan belum punya kewenangan, jadi tidak tepat kalau saya yang menjawab,” kata Khofifah menjawab pertanyaan wartawan usai mengisi seminar nasional di Aula KH Ahmad Dahlan Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida), Sabtu (1/9) sore.

Khofifah menyarankan sebaiknya tanya langsung ke Gubernur Jatim, Soekarwo atau Plt Sekdaprov Jatim, Djumadi atau Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rachman.

• Baca: Khofifah Berharap dari Jatim Lahir Pelaku Startup Dunia

Aku iki (saya ini) sudah ditetapkan (KPU Jatim) tapi belum dilantik, jadi kewenangan belum. Tapi saya bisa menyampaikan itu (SPP SMA/SMK gratis) karena itu sesuatu yang sudah saya koordinasikan,” jelasnya.

Khofifah menambahkan, komunikasi dan koordinasi sudah dilakukan dengan Pakde Karwo — sapaan akrab Soekarwo — dan Plt Sekda usai dirinya ditetapkan KPU Jatim sebagai gubernur Jatim terpilih periode 2019-2024.

Perempuan yang juga ketua umum PP Muslimat NU itu lantas menuturkan, di dalam Nawa Bhakti Satya ada program Jatim Sehat dan Jatim Cerdas dan di dalam Jatim Cerdas ada Tistas alias pendidikan gratis berkualitas.

• Baca: Khofifah: Partisipasi Politik di Muslimat NU Berjalan Baik

“Untuk Tistas ini, setelah ditetapkan KPU saya komunikasikan dengan Pakde Karwo dan Plt Sekda, saya meminta untuk bisa diskusi dengan Dinas Pendidikan Jatim dan tim, bahwa ini dulu yang pernah kita janjikan,” katanya.

Diskusi soal Tistas ini, lanjut Khofifah, terutama terkait kewenangan pendidikan yang dikelola Pemprov yakni SMA/SMK. “Alhamdulillah, insyaallah cukup untuk SPP gratis SMA/SMK se-Jatim (mulai) 2019,” tandasnya.