Ketua DPRD Jatim Sambut Ide Pendirian Museum Sunan Ampel

Halim Iskandar (kanan), Cak Imin dan Hanif Dhakiri (kiri) usai ziarah Makam Sunan Ampel. | Foto: Barometerjatim.com/roy hs
Halim Iskandar (kanan), Cak Imin dan Hanif Dhakiri usai ziarah Makam Sunan Ampel. | Foto: Barometerjatim.com/roy

SURABAYA, Barometerjatim.com – Ketua DPRD Jatim, Abdul Halim Iskandar menyambut baik ide pendirian Musem Sunan Ampel. Soal anggaran, bisa disinergikan antara APBN, APBD Jatim serta partisipasi masyarakat.

“Ya bisa, nanti kita sinergikan antara DPR, APBD provinsi dan pratisipasi masyarakat. Memang (ide) itu sangat bagus. Museum Sunan Ampel ini belum ada kan,” katanya usai menghadiri puncak acara Nusantara Bertaukhid di Masjid Agung Sunan Ampel, Minggu (14/4/2019).

Halim menambahkan, Museum Sunan Ampel dibutuhkan karena setiap hari ribuan orang dari berbagai daerah — tak hanya Jatim — berziarah, berdoa dan mendoakan Sunan Ampel untuk dapat berkah dari Allah Swt.

“Berarti beliau (Sunan Ampel) ini kan luar biasa. Orang yang betul-betul dicintai oleh Allah Swt. Tiap hari ini ribuan jamaah yang datang,” kata politikus kelahiran Jombang itu.

Tak hanya Halim, ide pendirian Museum Sunan Ampel ini juga disambut Wakil Ketua MPR RI yang juga Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan bangsa (PKB), Abdul Muhaimin Iskandar (Cak Imin).

“Museum khusus tentu akan menjadi perhatian kita. Baik nanti kita usahakan melalui APBN, anggaran negara, juga melalui partisispasi masyarakat,” katanya.

Ide pendirian Museum Sunan Ampel dilontarkan Ketua Kornas Nusantara Mengaji, Jazilul Fawaid, saat memyampaikan laporan pada puncak acara Nusantara Bertaukhid.

“Tentu akan sangat senang sekali pemangku, apabila di Masjid Sunan Ampel ini, saya dengar belum ada museum khusus. Bisa bersama-sama Nusantara Mengaji kita bangun museum khusus Sunan Ampel,” katanya.

Jazilul pun meminta semua pihak mendukung ide tersebut agar cepat terwujud. “Tentu saya mohon dukungan Pak Halim juga, dan kawan-kawan semua yang memiliki kebijakan perbaikan dan kemajuan Jatim,” ucapnya. •

» Baca Berita Terkait Halim Iskandar, DPRD Jatim