Katanya Digelar November, Kapan Ansor Jatim Konferwil?

KAPAN KONFERWIL?: Gus Aam, saat pembukaan Dirosah Kader Wustho PW MDS Rijalul Ansor Jatim di Ponpes Al Ibrohimi Gresik, Jumat (9/11) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN
KAPAN KONFERWIL?: Gus Aam, saat pembukaan Dirosah Kader Wustho PW MDS Rijalul Ansor Jatim di Ponpes Al Ibrohimi Gresik, Jumat (9/11) malam. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HASIBUAN

SURABAYA, Barometerjatim.com – Awal Agustus 2018, Ketua PW GP Ansor Jatim hasil penunjukan PP GP Ansor — sesuai SK No 1448/PP/SK-01/2018 — Sholahul Aam Notobuwono menegaskan, Konferensi Wilayah (Konferwil) Ansor Jatim akan digelar November 2018.

Namun hingga November memasuki tanggal 11, tidak ada tanda-tanda kalau forum tertinggi Ansor Jatim untuk memilih ketua definitif tersebut bakal digelar.

Ditanya terkait hal ini, tokoh muda Nahdlatul Ulama (NU) yang akrab disapa Gus Aam itu menuturkan, pihaknya masih menunggu instruksi dari Ketua Umum PP GP Ansor, KH Yaqut Cholil Qoumas alias Gus Yaqut.

• Baca: November Konferwil, 400-an PAC Ansor Jatim Belum Ter-SK

“Iya rencananya begitu (Konferwil digelar November). Kita nunggu Ketum lah,” katanya saat ditemui Barometerjatim.com usai pembukaan Dirosah Kader Wustho PW MDS Rijalul Ansor Jatim di Ponpes Al Ibrohimi Manyar Gresik, Jumat (9/11) malam.

Saat kembali ditemui usai menghadiri resepsi pernikahan putra Haji Masnuh di gedung kompleks Masjid Al Akbar Surabaya, Sabtu (10/11) malam, lagi-lagi Gus Aam menyatakan masih menunggu instruksi Gus Yaqut. “Tunggu instruksi Ketum ya,” katanya.

Namun kiai muda yang masih keluarga Ponpes Bahrul Ulum, Tambakberas, Jombang itu membantah kalau Konferwil Ansor Jatim belum juga digelar lantaran terkendala SK kepengurusan PC dan PAC, meski diakuinya belum selesai 100 persen.

• Baca: Gus Aam di Antara Sahabat dan Adik Kandung

“Sudah hampir beres semua, sudah 80 persen. Sulit untuk 100 persen. Kalau terpaksa digelar (November) ya digelar saja,” katanya.

Kok bahasanya terpaksa? “Ya karena SK-nya kan belum 100 persen. Tapi kalaupun belum 100 persen, yang penting sudah quorum,” katanya.

Kalau quorum, tambah Gus aam, “Berarti siapun yang terpilih nanti bisa sah dan punya kekuatan yang tinggi. Keabsahannya karena diikuti lebih dari separuh, apalagi 80 persen. Ini kan sudah kuat.”

• Baca: Selain Gelar Konferwil, Saya Dapat Tugas Khusus dari Ketum

Karena itu, lanjut Gus Aam, soal mungkin atau tidak mungkin digelar bulan ini, pihaknya masih menunggu instruksi ketua umum. Kebetulan, sore ini dirinya akan bertemu Gus Yaqut.

“Jadi mungkin atau tidak mungkin, karena kita ini organisasi terkomando, ya menunggu jawaban Ketum. Minggu sore Ketum ke sini,” ucapnya.

» Baca Berita Terkait Ansor Jatim, Gus Aam