Kampanye di Banyuwangi, Jokowi ‘Jualan’ 3 Kartu Sakti!

Jokowi promosi tiga kartu sakti saat kampanye di Banyuwangi. | Foto Barometerjatim.com/marjan ap
Jokowi promosi tiga kartu sakti saat kampanye di Banyuwangi. | Foto Barometerjatim.com/marjan ap

BANYUWANGI, Barometerjatim.com – Calon Presiden (Capres) nomor urut 01, Joko Widodo (Jokowi) menggelar kampanye akbar di Lapangan Blambangan, Kabupaten Banyuwangi, Senin (25/3/2019).

Turut mendampingi, Ketua Tim Kampanye Nasional (TKN) Erick Thohir, Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa dan Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas.

Di hadapan ribuan massa, Jokowi kembali ‘berjualan’ tiga kartu sakti yang menjadi andalannya di setiap kampanye. Ketiga kartu tersebut melengkapi kartu-kartu yang sudah ada.

“Saat ini telah ada yang namanya Kartu Indonesia Pintar (KIP) untuk pendidikan SD, SM, SMA, SMK. Ke depan kita akan keluarkan lagi yang namanya KIP kuliah, seperti ini,” katanya sambil menunjukkan kartu yang dimaksud.

“Ini untuk anak-anak kita yg ingin kuliah. Ini juga untuk sekolah bukan hanya di dalam negeri, tetapi juga di luar negeri,” sambungnya.

Setelah itu, Jokowi memperkenalkan kartu berikutnya, yakni kartu prakerja. Kartu ini, kata Jokowi, akan mengantarkan anak lulus SMA/SMK masuk ke dunia industri, dunia kerja, kantor, untuk mendapatkan pekerjaan.

Lewat kartu prakerja, akan diadakan pelatihan, baik di BUMN, kementerian, Balai Latihan Kerja (BLK) maupun swasta yang semuanya dibiayai pemerintah.

“Dan apabila keluar dari pelatihan tapi belum bisa diterima di tempat kerja, akan mendapatkan intensif, honor dari kartu prakerja ini sampai mendapatkan pekerjaan,” janjinya.

Kartu Sembako Murah

Jokowi kampanye akbar di Banyuwangi, Senin (25/3/2019). | Foto Barometerjatim.com/marjan ap
Jokowi kampanye akbar di Banyuwangi, Senin (25/3/2019). | Foto Barometerjatim.com/marjan ap

Selain kartu KIP kuliah dan kartu prasejahtera, satu lagi kartu yang diperkenalkan, yakni kartu sembako murah. “Dengan kartu ini nanti beli beras, beli minyak, beli gula, akan diberikan diskon khusus yang besar,” katanya.

Karena itu, Jokowi mengajak masyarakat untuk berbondong-bondong ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019, pilih nomor 01: Jokowi-Ma’ruf Amin.

“Ini adalah momentum yang sangat menentukan arah negara kita ke depan. Gunakan hak pilih kita, ajak kawan, saudara, tetangga, untuk datang ke TPS,” pintanya.•

» Baca Berita Terkait Pilpres 2019, Jokowi