Kali Ketiga! SBW Malang Tembus 100 Koperasi Besar Indonesia

PENGHARGAAN: Sri Untari, menerima penghargaan untuk Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang yang dipimpinnya. | Foto: IST
PENGHARGAAN: Sri Untari, menerima penghargaan untuk Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang yang dipimpinnya. | Foto: IST

JAKARTA, Barometerjatim.com – Luar biasa Koperasi Setia Budi Wanita (SBW) Malang. Untuk kali ketiga, koperasi yang diketuai Sri Untari Bisowarno itu meraih penghargaan “100 Koperasi Besar Indonesia 2021” dari Majalah Peluang. Dua penghargaan sebelumnya, diterima Koperasi SBW pada 2008 dan 2017.

Kali ini penghargaan diterima Untari lewat acara Launching Buku dan Award 100 Koperasi Besar Indonesia di Gedung Smesco Indonesia, Ballroom Nareswara, Jalan  Gatot Subrot, Jakarta selatan, Selasa (23/2/2021).

“Dengan sangat gembira, kami menerima ini karena bagian dari penghargaan komunitas besar koperasi Indonesia. Alhamdulillah selalu mengisi ruang-ruang prestasi di republik ini,” ujarnya.

Perempuan yang juga ketua umum Dewan Koperasi Nasional (Dekopin) itu menambahkan, koperasi yang dipimpinnya juga bentuk implementasi dari nilai-nilai Pancasila kemudian Trisakti Bung Karno.

“Dalam Trisakti itu ada daulat politik, kemandirian ekonomi, dan kemudian berkepribadian dalam bidang kebudayaan. Jadi kami mencoba untuk menerjemahkan nilai-nilai Pancasila dan gagasan dari Trisakti Bung Karno dalam bentuk koperasi dengan model sistem tanggung renteng,” paparnya.

Sistem ini, lanjut Untari, sebenarnya berbasis kepada nilai-nilai Pancasila yang penerjemahannya dalam praktik kehidupan sehari-hari. Alhasil, koperasi beranggotakan 10 ribu anggota ini mampu bertahan mengadapi masa pandemi Covid-19 dengan bukti kenaikan Sisa Hasil Usaha (SHU).

“Asetnya Rp 112 miliar, omsetnya Rp 130 miliar. Alhamdulillah di masa pandemi seperti ini aset naik, SHU naik,  tabungan naik,” kata peraih gelar doktor di Universitas Brawijaya (Unibaw) Malang tersebut.

“Hanya omsetnya agak turun karena memang kami tahan untuk tidak kami lepas. SHU-nya naik sekitar 4% dari total tahun kemarin, pertumbuhannya 44% itu asetnya naik 3%,” imbuhnya.

Di sisi lain, sebagai ketua umum Dekopin, Untari mengajak para koperasi besar untuk menggerakkan koperasi pada sektor riil. Artinya, memberikan pembinaan pada koperasi lainnya agar bisa berkolaborasi, tumbuh, dan besar bersama.

Untari mengaku terus melakukan berbagai kegiatan, karena menurutnya Dekopin sebagai organisasi induk koperasi tidak boleh tidur, bahkan di tengah mempersiapkan koperasi milenial.

“Ini sedang kita siapkan untuk koperasi milenial, sedang sertifikasi BNSP (Badan Nasional Sertifikasi Profesi),” tuntas Untari yang juga ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim.

» Baca Berita Terkait Koperasi