Jokowi Puji Jatim Soal Tangani Corona, Khofifah: Kado Terindah!

TERDEPAN: Khofifah, Jatim bersama Sulsel terdepan dalam pengendalian Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR
TERDEPAN: Khofifah, Jatim bersama Sulsel terdepan dalam pengendalian Covid-19. | Foto: Barometerjatim.com/ABDILLAH HR

SURABAYA, Barometerjatim.com – Pujian dilontarkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Jatim dan Sulawesi Selatan. Keduanya dinilai menunjukkan perbaikan dalam menangani Corona (Covid-19), bahkan bisa dijadikan contoh bagi provinsi lain.

Menanggapi pujian Jokowi, Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa menyebut sebagai kado terindah di Hari Jadi ke-75 Pemprov Jatim. “Alhamdulillah, ini hadiah terindah bagi kami di Jatim, sekaligus tantangan untuk bekerja lebih keras lagi,” katanya di Gedung Negara Grahadi, Senin (12/10/2020).

Khofifah pun meminta agar semua pihak tetap menjalankan disiplin protokol kesehatan, menjaga jarak, memakai masker yang baik dan benar, mencuci tangan dengan sabun, dan menghindari kerumunan.

“Tantangan terbesar justru bertahan di posisi saat ini dan mencegah euforia yang berlebihan, karena tugas kita masih panjang yaitu memutus mata rantai penyebarannya,” ujarnya.

Terkait kondisi Covid-19 di Jatim, Khofifah menjelaskan, merujuk data Satuan Gugus Tugas Covid-19 Pusat, per 12 Oktober 2020 tidak ada lagi zona merah di Jatim.

Begitu pun dengan perkembangan kasus aktif di Jatim yang terus mengalami penurunan. Hingga kini tersisa 3.040 kasus aktif (6.43 persen), jauh di bawah persentase kasus aktif nasional yakni 19,68 persen .

Lalu persentase kesembuhan di Jatim juga termasuk tertinggi di Pulau Jawa, mencapai 86,28 persen. Sedangkan persentase kematian cenderung melandai dalam dua bulan terakhir yakni di kisaran 7.29 persen.

Khofifah berpesan, untuk dapat memenangkan peperangan melawan Covid-19 diperlukan komitmen tinggi dan kebersamaan semua pihak.

Karena itu, dia berulang kali mengajak semua pihak terus disiplin menjalankan protokol kesehatan. Di sisi lain, upaya pemulihan ekonomi juga terus digelorakan agar perekonomian Jatim kembali menggeliat dan pulih.

» Baca Berita Terkait Wabah Corona