Jelang Coblosan, SBY Apel Siaga di Wilayah Mataraman dan Arek

KEMBALI TURUN KE JATIM: SBY saat kampanye akbar di Jombang untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak. | Foto: Barometerjatim.com/DOK
KEMBALI TURUN KE JATIM: SBY saat kampanye akbar di Jombang untuk pasangan Khofifah-Emil Dardak. | Foto: Barometerjatim.com/DOK

SURABAYA, Barometerjatim.com – Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) kembali turun ke Jawa Timur. Selama dua hari, 18-19 Juni, ketua umum DPP Partai Demokrat itu akan melakukan halal bi halal sekaligus konsolidasi kader di wilayah Mataraman dan Arek jelang coblosan Pilkada serentak, 27 Juni mendatang.

Ketua Badan Pemenangan Pemilu, Organisasi dan Kaderisasi DPD Partai Demokrat Jatim, Agus Dono Wibawanto menuturkan, kedatangan SBY akan didampingi Cagub-Cawagub Jatim nomor satu, Khofifah Indar Parawansa-Emil Elestianto Dardak, serta calon bupati/walikota yang diusung Demokrat.

“Karena prioritas dari kegiatan itu adalah penguatan di Mataraman untuk pemenangan Khofifah-Emil, dan calon kepala daerah yang diusung Partai Demokrat,” tegasnya, Minggu (17/6).

• Baca: Sisir Jatim, Prioritas SBY-AHY Tetap Menangkan Khofifah-Emil

Konsolidasi di Mataraman pada 18 Juni, tambah Agus, akan dipusatkan di Madiun. Sedangkan wilayah Arek disentralkan di Malang. “Di Madiun, ketua umum kami, Pak SBY akan menggelar apel siaga yang diikuti sekitar seribu kader lebih,” terangnya.

Dalam apel siaga di Asrama Haji Madiun tersebut, seribu kader yang hadir  terdiri dari struktural PAC-PAC wilayah Mataraman, anggota Fraksi DPRD kabupaten/kota/provinsi dan juga calon anggota legislatif Demokrat yang sudah terdaftar untuk Pemilu 2019.

“Pak SBY dan seluruh elemen partai, ingin menjaga betul kemenangan calon-calon kepala daerah yang didukung Partai Demokrat,” ucap Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Jatim itu.

Dijelaskan Agus Dono, turunnya SBY ke Jatim salah satunya untuk melihat secara langsung kesiapan DPD, DPC dan para calon yang akan bertarung di Pilkada Jatim. “Pak SBY akan konsolidasi pemenangan dan mendengar langsung dari kandidat, baik itu calon bupati/walikota maupun gubernur,” katanya.

• Baca: Renville: Hanya Kecurangan yang Bisa Kalahkan Khofifah-Emil

Kegiatan hampir sama juga akan dilakukan SBY di Kota Malang pada 19 Juni. Hanya saja kedatangan SBY di Malang nanti tidak cuma menemui kader Demokrat, tapi juga sejumlah elemen masyarakat utamanya tokoh ulama seluruh Jatim.

“Agendanya hampir sama, konsolidasi penguatan Pilkada calon gubernur, bupati/walikota. Tapi yang ditemui di Malang lebih ke para alim ulama,” pungkas Agus Dono.

Selain SBY, sejumlah elit Demokrat diagendakan ikut turun untuk pemenangan Khofifah-Emil di Pilgub Jatim. Di antaranya Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang dijadwalkan hadir di Jatim hingga 20 Juni, untuk menggelar serangkaian pertemuan dengan masyarakat di Surabaya dan sekitarnya.