Istimewa! Menteri hingga Kepala Daerah Hadiri Posmaru Unhasy

POSMARU UNHASY: Grand opening Posmaru Unhasy dihadiri secara virtual dari menteri hingga kepala daerah. | Foto: IST
POSMARU UNHASY: Grand opening Posmaru Unhasy dihadiri secara virtual dari menteri hingga kepala daerah. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Universitas Hasyim Asy’ari (Unhasy) Tebuireng, Jombang, menggelar Pekan Orientasi Mahasiswa Baru (Posmaru) 2021 mulai 13 hingga 15 Oktober 2021. Istimewanya, grand opening dihadiri secara virtual sederet tokoh nasional dan kepala daerah.

Mulai dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim; Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas; dan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (PDTT) Abdul Halim Iskandar.

Hadir pula Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa; Wakil Gubernur Jatim, Emil Elestianto Dardak; Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan; Bupati Jombang, Mundjidah Wahab; Bupati Blitar, Rini Syarifah; Bupati Lumajang, Thoriqul Haq; dan masih banyak lagi.

Rektor Unhasy, Prof Haris Supratno menyampaikan ucapan terima kasih kepada para tokoh yang hadir untuk memberikan dukungan dan suntikan motivasi kepada civitas akademika.

“Kami berharap Unhasy menjadi perguruan tinggi yang diperhitungkan di Jawa Timur, bahkan dalam kancah nasional,” katanya.

Selain itu, Prof Haris juga memberikan penekanan kepada mahasiswa baru tentang ancaman informasi hoaks.

Mahasiswa sebagai agen perubahan, katanya, harus bisa memberikan contoh kepada masyarakat dalam penyampaian informasi. Antara lain perlu disertai bukti data yang berasal dari penelitian, artikel, jurnal, atau literasi akademik lainnya.

“Semuanya itu akan mahasiswa alami saat menulis penelitian dalam skripsi nantinya. Sehingga dengan adanya data pendukungnya itu, penyampaian pendapat yang baik juga akan berpengaruh pada pelaksanaan demokrasi yang baik pula,” katanya.

Teruskan Perjuangan

Sementara itu, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas berharap Posmaru iini berlangsung sukses. Karena dalam sejarahnya, Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari telah melahirkan banyak pahlawan dan pejuang bangsa.

“Kini saatnya mahasiswa Unhasy yang meneruskan perjuangan dalam konteks kekinian, misal mengembangkan kewirausahaan berbasis pesantren. Program ini sangat relevan karena sejalan dengan upaya Kemenag dalam mendorong kemandirian pesantren,” kata Menag yang akrab disapa Gus Yaqut itu.

Mendes PDTT, Abdul Halim Iskandar juga turut memberikan support dan dukungan. Dia yakin Unhasy akan mencetak mahasiswa berkepribadian kuat khas jati diri seorang santri.

“Unhasy akan melahirkan lulusan yang hadir di tengah-tengah masyarakat untuk membersamai perkembangan umat,” ujarnya.

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menambahkan, “Perjalanan kampus ini tidak bisa dilepaskan dari peran KH Salahuddin Wahid (Gus Sholah). Di tangan beliau, Unhasy mengalami kemajuan yang sangat pesat seperti sekarang ini dan bisa menjadi kampus nomor wahid di Jombang.”

» Baca Berita Terkait Unhasy