Intip Yuk! Serunya Sinau Politik Bareng Anwar Sadad

SINAU POLITIK: Anwar Sadad, hibahkan ilmu ke anak muda lewat sinau politik di kediamannya. | Foto: Barometerjatim.com/IST
SINAU POLITIK: Anwar Sadad, hibahkan ilmu ke anak muda lewat sinau politik di kediamannya. | Foto: Barometerjatim.com/IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tak seperti biasanya. Minggu (12/9/2021), kediaman Wakil Ketua DPRD Jatim, Anwar Sadad di Kebonsari Regency, Surabaya, ramai dengan anak muda.

Rupanya, mereka berkumpul untuk mendapat gemblengan politik dari legislator yang juga ketua DPD Partai Gerindra tersebut. Berdiskusi dalam kamp konsentrasi politik bertajuk “Yuk Sinau Politik Bersama Anwar Sadad”.

Acara yang digelar sejak pagi itu diisi dengan pemaparan materi dan diskusi bersama. Pesertanya pun dibatasi, hanya 15 orang dari total 30 lebih pendaftar karena keterbatasan luas ruang yang harus menerapkan protokol kesehatan.

“Padahal yang mendaftar untuk bergabung sekitar 30 orang,” kata Fadil, salah seorang staf Sadad.

Ditemui di sela acara, Sadad menuturkan lewat acara ini sengaja menghibahkan ilmunya kepada para pemuda yang ingin belajar politik bersamanya.

“Saya senang mereka mau belajar politik. Tugas kita sebagai senior, memberikan bimbingan anak-anak muda itu karena mereka calon pemimpin di masa depan,” katanya.

Tak ada target yang ingin dicapainya. Apa yang dilakukan Sadad ini semata berangkat dari keinginan para anak muda, yang sengaja datang untuk menimba ilmu politik bersamanya.

“Jadi sekalian saja, kita belajar bareng-bareng,” ucap keluarga Pondok Pesantren (Ponpes) Sidogiri yang akrab disapa Gus Sadad tersebut.

Para anak muda yang datang dari Surabaya, Nganjuk, Bondowoso, hingga Sumenep itu juga terlihat antusias mengikuti diskusi. Perdebatan hingga dialektika menjadi pemandangan yang menarik.

“Mungkin mereka ingin menimba pengalaman dari perjalanan politik saya sejak era reformasi sampai sekarang,” ucap Sadad.

Dia menginginkan, sedikit hibah ilmu yang dilakukannya ini bisa mendorong kemajuan berpikir bagi pemuda di Jatim. “Obsesinya ke arah sana,” tegasnya.

Sebagai pengagum HOS Tjokroaminoto, Sadad juga berharap bisa meniru pahlawan nasional sekaligus pemimpin abadi Sarekat Islam (SI) tersebut dalam menyiapkan pemimpin di era berikutnya.

“Sebagai ketua parpol tentu saya punya harapan ke arah sana, tapi motivasi peserta kan berbeda-beda. Apa yang saya lakukan ini mungkin versi kecil dari apa yang pernah dilakukan HOS Tjokroaminoto di rumahnya dulu di zaman pergerakan,” jelasnya.

SIAPKAN PEMIMPIN: Tiru para pendahulu, cara Anwar Sadad siapkan pemimpin berikutnya. | Foto: IST
SIAPKAN PEMIMPIN: Tiru para pendahulu, cara Anwar Sadad siapkan pemimpin berikutnya. | Foto: IST

» Baca Berita Terkait DPRD Jatim