Selasa, 06 Desember 2022
Barometer Jatim
Cloud Hosting Indonesia

Incar Hattrick Pemilu, PDIP Surabaya Gembleng Kader Perempuan di HUT Megawati

Berita Terkait

SONGSONG PEMILU 2024: Adi Sutarwijono gembleng kader perempuan PDIP di hari ultah Megawati. | Foto: Barometerjatim.com/IST
SONGSONG PEMILU 2024: Adi Sutarwijono gembleng kader perempuan PDIP di hari ultah Megawati. | Foto: Barometerjatim.com/IST
- Advertisement -

SURABAYA, Barometerjatim.com – Menyongsong Pemilu 2024, kader perempuan PDIP Surabaya digembleng untuk meningkatkan strategi dan sinergi agar bisa menang tiga kali beruntun alias hattrick.

Salah satu strateginya, yakni terus mendorong kader perempuan Banteng Moncong Putih untuk memperluas kiprah sosial kemasyarakatan serta meningkatkan peran di ruang publik.

“Menjadi tokoh-tokoh panutan dan penggerak komunitas dan masyarakat,” tegas Ketua DPC PDIP Surabaya, Adi Sutarwijono dalam forum sosialisasi kebangsaan peningkatan kapasitas kader perempuan di Balai Pertemuan Widya Kartika Surabaya, Minggu (23/1/2022).

Kegiatan yang digelar anggota DPRD Jatim dari Fraksi PDIP Dapil Surabaya, Agatha Retnosari itu sekaligus bertepatan dengan momen HUT Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri tersebut diikuti kader-kader perempuan dari PAC dan ranting PDIP se-Surabaya.

“Tentu, itu dilakukan oleh kaum perempuan PDIP sambil memegang teguh tugas-tugas sebagai ibu rumah tangga, membesarkan anak-anak, menjaga keluarga dengan kasih sayang,” tandas Adi.

Berkat kiprah para kader perempuan, paparnya, PDIP berhasil memenangkan Pemilu 2019 di Surabaya dengan meraih 418.872 suara atau 15 kursi DPRD Surabaya, setara 30 persen dari keseluruhan kursi di parlemen kota.

Termasuk pula menempatkan lima kader perempuan jadi legislator, yaki Norma Yunita, Ashri Yuanita, Khusnul Khotimah, Dyah Katarina, dan Siti Maryam. Jumlah ini mencapai 33 persen dari total kursi yang didapat PDIP di DPRD Surabaya.

Di DPRD Jatim, dari Dapil Surabaya PDIP berhasil meraih tiga kursi, dua di antaranya perempuan, yaitu Agatha Retnosari dan Agustin Poliana. Untuk DPR RI, dari Dapil Surabaya-Sidoarjo, PDIP mendapat tiga kursi, dua di antaranya politisi perempuan yakni Puti Guntur Soekarno dan Indah Kurnia.

Dengan demikian, untuk tingkat DPRD Jatim dan DPR RI yang mewakili daerah pemilihan Surabaya, porsi kader perempuan mencapai 66 persen dari kursi yang diraih PDIP.

Meguat dan Meningkat

Sementara itu dalam pembekalannya, dua legislator perempuan PDIP, Agatha Retnosari dan Dyah Katarina memberikan motivasi kepada para kader perempuan Banteng Surabaya.

“Capaian PDIP, khususnya di Surabaya luar biasa dimana tempat dan peran politik kaum perempuan terus menguat dan meningkat,” kata Dyah yang juga wakil ketua DPC PDIP Surabaya.

“Juga dalam struktur kepengurusan partai di setiap jenjang, harus terisi minimal 30 persen keterwakilan perempuan,” tandasnya.

Agatha juga memberikan motivasi, suntikan semangat, kepada para kader perempuan PDIP untuk terus meningkatkan peran sosial kemasyarakatan, dan peran di ruang-ruang publik, serta meningkatkan kapasitas diri mereka.

“Melalui kiprah para politisi perempuan, PDIP Surabaya tidak pernah lelah, terus meningkatkan harkat hidup kaum perempuan dan anak-anak, terutama dari keluarga tidak mampu, dari rakyat jelata,” katanya.

» Baca berita terkait PDIP. Baca juga tulisan terukur lainnya Moch Andriansyah.

- Advertisement -
- Advertisement -

Berita Terkait

- Advertisement -

trendnews
Berita Trending Saat Ini

- Advertisement -

BERITA TERKINI

- Advertisement -