HUT RI, Khofifah: Jaga Merah Putih, Jaga NKRI, Jaga Jatim!

MERIAH: Ribuan orang membanjiri semarak HUT ke-74 RI yang digelar Pemprov Jatim. | Foto: IST
MERIAH: Ribuan orang membanjiri semarak HUT ke-74 RI yang digelar Pemprov Jatim di Jalan Gubernur Suryo. | Foto: IST

SURABAYA, Barometerjatim.com – Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa mengajak masyarakat untuk mensyukuri nikmat kemerdekaan. Salah satunya melalui kegiatan yang positif dan produktif.

“Kita ingin semua warga masyarakat merayakan bersama hari kemerdekaan RI. Semoga kemerdekaan ini penuh berkah,” katanya saat menghadiri Semarak Peringatan HUT ke-74 RI yang digelar Pemprov Jatim, Sabtu (17/8/2019) malam.

Secara khusus, Khofifah juga berpesan, “Di HUT ke-74 RI ini, tolong jaga merah putih, jaga NKRI, jaga Indonesia, jaga Jatim. Mudah-mudahan Jatim semakin makmur, Merdeka!..”

Selain itu, Khofifah juga memberikan penekanan terkait tema HUT ke-74 RI, yakni SDM Unggul Indonesia Maju. Menurutnya tema ini sangat strategis dan substantif.

Tema ini menjadi pendorong Pemprov Jatim untuk meningkatkan kualitas SDM melalui peningkatakan layanan pendidikan, kesehatan dan ekonomi untuk memacu tumbuhnya SDM unggul di Jatim dan masyarakat maju sejahtera.

Langkah ini sekaligus dilakukan sebagai upaya mengungkit Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Jatim,  sehingga terwujud masyarakat yang unggul, maju dan sejahtera.

Saat ini, IPM Jatim masih nomor 15 se-Indonesia. Khofifah mengajak semua elemen strategis, terutama yang punya lembaga pendidikan, layanan kesehatan, serta di bidang ekonomi, untuk ikut menyiapkan produk dan SDM unggul serta berkualitas dan  berdaya saing tinggi.

“Indonesia maju bisa dicapai jika provinsinya maju, kabupaten dan kotanya maju, didukung SDM yang memiliki keunggulan baik kompetitif maupun komparatif,” ucapnya.

Berlangsung Semarak

Peringatan HUT ke-74 RI yang dirangkai dengan hiburan rakyat dan kuliner gratis di sepanjang Jalan Gubernur Suryo tersebut, berlangsung cukup semarak.

Ribuan warga dengan antusias menyerbu stan menu kuliner khas Jawa Timuran yang disiapkan gratis bagi warga masyarakat yang hadir.

Mulai lontong balap, rujak cingur, sampai soto Lamongan. Tak sampai satu jam, porsi-porsi makanan yang disiapkan ludes diserbu masyarakat yang hadir.

Tak hanya itu, masyarakat juga hanyut terhibur dengan penampilan pedangdut asli Sidoarjo, Via Vallen yang mengajak serta Khofifah berduet menyanyikan lagu hitsnya berjudul Sayang.

» Baca Berita Terkait Khofifah, HUT RI