Hari Santri 2021, Nasdem Jatim Geber Lomba hingga Seminar

HSN 2021: DPW Partai Nasdem Jatim, rayakan Hari Santri Nasional (HSN) secara khusus dan akbar. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
HARI SANTRI: DPW Partai Nasdem Jatim, rayakan Hari Santri Nasional (HSN) secara khusus dan akbar. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

SURABAYA, Barometerjatim.com – Tahun ini, DPW Partai Nasdem Jatim merayakan Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap 22 Oktober secara khusus dan akbar. Mulai dari seminar nasional hingga sederet lomba yang disiapkan untuk para santri.

“Partai Nasdem akan merayakan secara khusus. Saya mengatakan secara khusus, karena tahun-tahun sebelumnya kita juga memperingati tapi sekadar memperingati, memberikan ucapan dan sebagainya,” kata Ketua Satgas HSN 2021 DPW Partai Nasdem Jatim, Ipong Muchlisoni, Rabu (5/10/2021).

“Tapi tahun ini kita akan menyelenggarakan serangkaian kegiatan,” tandas mantan Bupati Ponorogo yang juga Wakil Ketua DPW Partai Nasdem Jatim Bidang Organisasi dan Keanggotaan.

Serangkaian kegiatan yang akan dimulai hari tersebut, papar Ipong, sebagai bentuk kehadiran Partai Nasdem di tengah-tengah pesantren dan santri agar mereka bisa lebih bergembira dalam merayakan HSN 2021.

Terlebih bagi Jatim, HSN memiliki makna sangat spesial, mengingat dasar ditetapkannya HSN yakni buah dari maklumat Hadratussyaikh KH Hasyim Asy’ari atau yang dikenal sebagai Resolusi Jihad.

“Pada saat itu, 22 Oktober 1945, melahirkan sebuah perlawanan yang cukup heroik dari masyarakat Jatim kalangan santri dalam mempertahankan kemerdekaan RI,” katanya.

Selain itu, Jatim merupakan gudangnya pesantren. Hampir semua kabupaten/kota di Jatim memiliki pesantren. Bahkan di beberapa daerah yang tidak begitu dikenal sebagai wilayah santri juga punya pesantren.

Ipong mencontohkan di Kabupaten Ponorogo yang dikenal sebagai wilayah ‘abangan’, di luar Pondok Modern Darussalam Gontor yang cukup kondang itu, terdapat 200-an pesantren.

“Ini menunjukkan bahwa dunia kepesantrenan di Jatim ini sudah sedemikian luar biasa. Maka Nasdem ingin bergembira dan bahagia bersama para santri dengan merayakan HSN 2021,” ucapnya.

Lagi pula, kepengurusan Nasdem Jatim juga diisi kalangan santri. Di antaranya Ahmad Iwan Zaunaih (Gus Iwan/keluarga Ponpes Sunan Drajat Lamongan), Mu’linah Shohib (Mu’linah/keluarga Ponpes Mambaul Ma’arif Denanyar Jombang). Begitu pula Fraksi Partai Nasdem di DPRD Jatim, terdapat Mohammad Nasih Aschal (Ra Nasih/Ketum Ponpes Syaichona Moh Cholil Bangkalan).

Sedangkan rangakaian lomba terkait HSN 2021 yang digelar Nasdem Jatim, di antaranya lomba cover shalawat, design busana muslimah, santri menulis, khitobah, quote HSN, serta TikTok santri.

Selain lomba, rangkaian kegiatan lainya yakni seminar nasional gelar pahlawan nasional bagi Syaikhona Kholil, santripreunership, shalawat nariyah, happening art santri merah putih, dan puncaknya ngaji kebangsaan bersama Gus Muwafiq.

HSN untuk Semua Kalangan

HSN 2021: Visensius Awey, HSN untuk yang dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan napas Pancasila. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS
HSN 2021: Visensius Awey, HSN untuk yang dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan napas Pancasila. | Foto: Barometerjatim.com/ROY HS

Wakil Ketua Bidang Media dan Komunikasi Publik, Vinsensius Awey menambahkan, HSN tidak hanya merujuk pada kalangan tertentu saja, tetapi pada semua yang dalam tubuhnya mengalir darah merah putih dan bernapaskan ideologi Pancasila.

“Sebagaimana Resolusi Jihad yang dilakukan oleh santri dan ulama bersatu, serta berkorban untuk mempertahankan Indonesia dari jajahan,” kata anggota DPRD kota Surabaya periode 2014-2019.

Lewat Resolusi Jihad, lanjut Awey, kaum santri dan ulama menentukan suatu sikap dan tindakan yang nyata terhadap usaha-usaha yang akan membahayakan keutuhan bangsa yang merdeka.

Karena itu, dalam peringatan HSN kali ini sesuai dengan tema nasional “Santri Siaga, Jiwa Raga” memiliki pesan yang cukup dalam bagi semua anak bangsa untuk selalu terpanggil siap siaga membela tanah air.

“Mempertahankan persatuan kesatuan, mengisi kemerdekaan dengan bergotong royong mengangkat harkat hidup orang banyak, pembangunan SDM yang tangguh berintegritas, pengembangan ekonomi kerakyatan dan mewujudkan perdamaian dunia” ucap Awey.

» Baca Berita Terkait Partai Nasdem